You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Operasi Zebra, 6 Wilayah Rawan Pelanggaran Lalulintas
foto tmc .
photo doc - Beritajakarta.id

Operasi Zebra Libatkan 3.000 Polisi

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra mulai 26 November hingga 9 Desember 2014 mendatang. Untuk mendukung operasi ini, sebanyak 3.000 personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dari Polda Metro Jaya dan seluruh Polres diturunkan.

Ada sekitar 3.000 personel yang diturunkan dalam Operasi Zebra tahun ini

"Ada sekitar 3.000 personel yang diturunkan dalam Operasi Zebra tahun ini," kata AKBP Hindarsono, Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu (26/11).

Operasi akan difokuskan di enam titik rawan terjadi pelanggaran lalu lintas. Keenam titik tersebut, kata Hindarsono, yaitu Lenteng Agung, Mampang, Kampung Melayu, Joglo, Dukuh Atas, dan Slipi. "Kami akan menindak mereka, tidak ada ampun bagi pelanggar lalu lintas," tegasnya.

Jakarta Jadi Percontohan Tilang Elektronik

Demi kelancaran operasi penegakan ketertiban lalu lintas ini, lanjut Hindarsono, pihaknya telah menyiapkan ratusan surat tilang. Hal ini berdasarkan data yang sudah dianalisa oleh pihak kepolisian. "Hari-hari biasa saja dalam sehari bisa masuk seribu surat tilang. Untuk itu, kami siapkan 100 ribu surat tilang. Kalau kurang langsung kami drop lagi ke petugas," jelasnya.

Operasi ini dilakukan sebagai cipta kondisi untuk memasuki Operasi Lilin jelang perayaan Natal. Operasi yang dilakukan selama dua pekan ini menyasar kendaraan yang sering melakukan pelanggaran di jalan. "Pelanggaran yang ditindak tegas seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, melebihi kecepatan berkendara, tidak berhenti di belakang garis stop, dan lainnya," ungkapnya.

Razia ini tidak hanya ditujukan untuk kendaraan pribadi, tetapi juga angkutan umum yang sering ngetem dan berhenti sembarangan. Selain cipta kondisi, operasi ini bertujuan untuk membuat pengendara sadar berlalu lintas di jalan.

"Bukan hanya mematuhi rambu lalu lintas, pengendara juga harus melengkapi surat-surat kendaraannya. Kalau pengendara sadar akan ketertiban berlalu lintas, maka Jakarta dipastikan tidak akan semrawut," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati