You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Alokasikan Dana Rp 100 Miliar Menata Sungai Ciliwung
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Gandeng TNI Benahi Ciliwung

Pemprov DKI Jakarta bakal menggandeng TNI untuk menata sepanjang bantaran Kali Ciliwung yang melintasi ibu kota. Nantinya, di tepi Ciliwung akan dibangun sejumlah fasilitas seperti jogging track hingga dermaga. Penataan rencananya mulai dilakukan Desember 2014.

Dananya kita keluarkan dulu dari SKPD yang lalu atau dana operasional saya biar bisa dimulai bulan Desember ini

"Kira-kira setahun kerja sepanjang Ciliwung bisa bikin jogging track, bikin dermaga, beli perahu, segala macem. Rp 100-an miliar kira-kira," ujar Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, usai diskusi bersama Kasdam Jaya di Balaikota, Jumat (28/11).

13 Sungai di DKI Akan Dikelola Dinas Kebersihan

Untuk pendanaan, kata Ahok, sapaan akrab Basuki, akan dikeluarkan terlebih dahulu dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lalu. "Dananya kita keluarkan dulu dari SKPD yang lalu atau dana operasional saya biar bisa dimulai bulan Desember ini. Kan, Januari mau hujan besar," katanya.

Menurut Basuki, pihaknya melibatkan TNI karena kinerjanya sudah tidak diragukan lagi. Nantinya para personel TNI juga akan merekrut para pemulung untuk mengurusi persoalan sampah di pinggiran sungai sekaligus diawasi langsung.

"Sehingga nanti pemulung bikin jaring apung untuk tangkap sampah, yang ingin dia jual, dia ambil yang tidak ingin dia kumpulkan terus diolah," tuturnya.

Kasdam Jaya, Brigjen TNI Teddy Laksamana menambahkan, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 1.155 personel untuk menggelar karya bakti di sepanjang sungai Ciliwung.

"Kami juga akan melibatkan sekitar 2.000 warga untuk kegiatan karya bakti. Secepatnya pembersihan kali Ciliwung akan dikerjakan. Tahun ini juga kita kerjakan. Sungai meluap sampah otomatis naik, nanti ada hubungannya antara Daerah Aliran Sungai (DAS) dan daratannya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1037 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye828 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati