You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Alami Pendangkalan, Hilir Kali Angke Mulai Dikeruk
Mengalami pendangkalan karena dipenuhi sendimen lumpur, Hilir Kali Angke mulai dikeruk, Selasa (9/12). Selama ini, Kali Angke kerap meluap menggenangi sejumlah Rukun Warga (RW) di wilayah Kelurahan Kapuk Muara Penjaringan, Jakarta Utara..
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Antisipasi Banjir, Kali Angke Dikeruk

Mengantisipasi banjir saat musim hujan, lumpur yang mengendap di hilir Kali Angke, Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara mulai dikeruk. Kali yang awalnya memiliki kedalaman hingga 20 meter, kini hanya tersisa 0,5-2 meter.

Salah satunya Kali Angke ini yang mengalami pendangkalan yang parah. Rencananya, pengerukan akan dilaksanakan selama 1,5 bulan

Akibat pendangkalan kali, saat musim hujan dipastikan kawasan tersebut tergenang banjir hingga setinggi 1,5 meter. Sedangkan wilayah yang rawan genangan berlokasi di RW 01, 04 dan 05 Kelurahan Kapuk Muara.

Pengerukan Waduk Pluit Tahap Dua Dimulai Desember

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemkot Administrasi Jakarta Utara, Satriadi mengatakan, salah satu persoalan penanganan genangan di wilayahnya adalah pendangkalan sejumlah saluran dan kali.

"Salah satunya Kali Angke ini yang mengalami pendangkalan yang parah. Rencananya, pengerukan akan dilaksanakan selama 1,5 bulan," kata Satriadi, Selasa (9/12).

Satriadi menjelaskan, kali yang akan dikeruk sepanjang 200 meter. Sementara kedalaman kali diharapkan bisa mencapai 8 meter. Untuk melakukan pengerukan dikerahkan dua eskavator dan lima unit truk Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta untuk mengangkut lumpur.

Wakil Lurah Kapuk Muara, Indrianto menambahkan, akibat sendimen lumpur Kali Angke, ribuan warga di wilayahnya kerap kebanjiran. "Selain musim hujan, kawasan kami juga sering tergenang banjir rob," ujarnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1105 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye866 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati