You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Kehutanan Gencarkan Pelatihan Pertamanan Bagi Pelajar
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas Kehutanan Gencarkan Pelatihan Pertamanan Bagi Pelajar

Dinas Kehutanan DKI Jakarta terus mengencarkan pelatihan pertamanan bagi para pelajar di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Targetnya, tahun ini pelatihan pertamanan dapat diikuti oleh 800 murid SD dan SMP.

Pelatihan pertamanan diadakan di Taman Maju Bersama 

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat (PSM) Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Yunitya Sari mengatakan, hingga saat ini sudah dilakukan empat kali pelatihan dengan jumlah peserta mencapai 600 murid.

"Pelatihan pertamanan diadakan di Taman Maju Bersama atau TMB. Untuk tahap awal, target peserta adalah pelajar dari sekolah-sekolah yang terdekat dengan TMB," ujarnya, Sabtu (13/4).

130 Murid SD Ikuti Pelatihan Pertamanan di TMB Swakarsa

Yunitya menjelaskan, dalam melaksanakan pelatihan pertamanan, Dinas Kehutanan juga menggandeng Komunitas Berkebun dan Komunitas Floral Akademi.

"Pelatihan pertamanan selanjutnya akan diadakan di TMB Taman Apung, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, pada 30 April mendatang," terangnya.

Ia menambahkan, materi pada pelatihan pertamanan yang diberikan kepada para pelajar mencakup urban farming atau pertanian perkotaan, perbanyakan tanaman, dan merangkai bunga sederhana.

"Mereka bisa praktik langsung sekaligus melakukan pengamatan terkait tumbuh kembang tanaman yang mereka tanam di media pot," ungkapnya.

Menurutnya, selain mengedukasi pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, pelatihan pertamanan bertujuan untuk mendorong murid sekolah berkegiatan dan belajar memanfaatkan ruang terbuka hijau (RTH) sesuai tujuan awal dibangunnya TMB sebagai tempat interaksi warga.

"Kami terus mendorong agar TMB bisa menjadi wadah interaksi murid sekolah. Dari sekolah ke taman cukup jalan kaki dan berkegiatan bersama," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5933 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4668 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3320 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3283 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3158 personFolmer