You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki. Bus Bertambah, Pembatasan Lalu Lintas Motor Diperluas di Ibukota
.
photo doc - Beritajakarta.id

Larangan Sepeda Motor Melintas Akan Diperluas

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memberlakukan larangan sepeda motor melintas di Bundaran HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat mulai tanggal 17 Desember mendatang. Untuk sementara, kebijakan tersebut hanya diberlakukan di ruas jalan tersebut karena terbatasnya jumlah armada bus tingkat yasng dimiliki Pemprov DKI Jakarta.

Kalau sumbangan bus tingkat bertambah, barulah larangan bagi motor melintas di ruas jalan diperluas

"Karena kita baru punya 10 armada bus tingkat gratis, maka pembatasan lalu lintas motor baru diberlakukan dari Bundaraan HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat,” kata Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, Rabu (10/12).

Namun jika penerapan aturan itu berjalan sukses dan jumlah armada bus tingkat bertambah, maka larangan motor melintas akan diperluas ke ruas jalan lainnya. ”Kalau sumbangan bus tingkat bertambah, barulah larangan bagi motor melintas di ruas jalan diperluas,” ujarnya.

Ahok: Pembatasan Motor, Pengendara Bisa Istirahat

Untuk kelancaran penerapan kebijakan tersebut, kata Basuki, pihaknya juga telah meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk tidak lagi memberikan pengawalan untuk kendaraan dinas walikota dan gubernur.

”Lebih baik petugas Dishub DKI mengawal bus tingkat ini selama beroperasi di jalanan, sehingga masyarakat merasa lebih nyaman naik bus tingkat gratis ketimbang mengendarai sepeda motor,” ucapnya.

Selain itu, kata Basuki, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan rencana pembangunan ruang bawah tanah di Monas berkapasitas besar yang mampu menampung ribuan sepeda motor.

”Kita juga mau kerjasama dengan pengelola gedung untuk menyediakan lahan parkir sepeda motor sehingga warga tidak kesulitan mendapat tempat parkir dan melanjutkan perjalanan naik bus tingkat gratis,” ungkapnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengakui larangan sepeda motor melintas di Bundaraan HI ini menimbulkan pro dan kontra.

”Tidak apa-apa yang penting pembatasan ini bertujuan agar Jakarta lebih baik pada masa mendatang. Persoalannya orang di Jakarta ini banyak yang gak mau berubah, makanya kita paksa pembatasan ini diberlakukan,” tegasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1108 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1035 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1000 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye826 personNurito
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye753 personTiyo Surya Sakti