You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
70 Persen Polusi Udara Akibat Kendaraan Bermotor
Pertumbuhan kendaraan bermotor yang terus meningkat di ibu kota tiap tahunnya tidak hanya berkontribusi bagi kemacetan lalu lintas, tapi juga berefek buruk bagi kualitas udara kota Jakarta. Bahkan, Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta Timur mencata.
photo doc - Beritajakarta.id

Ahok: Pembatasan Motor, Pengendara Bisa Istirahat

Pemprov DKI Jakarta tetap akan menerapkan kebijakan pembatasan sepeda motor yang melintas di ruas Jl MH Thamrin - Jl Medan Merdeka Barat yang akan diuji coba pada pertengahan Desember mendatang. Dengan kebijakan itu, nantinya pengendara sepeda motor akan dipaksa untuk beristirahat.

Solusi kebijakan itu memaksa orang mesti istirahat di tengah perjalanan

"Solusi kebijakan itu memaksa orang mesti istirahat di tengah perjalanan. Jadi, kami sengaja memaksa supaya tidak naik motor seharian," ujar Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, Rabu (26/11).

Ia pun mengimbau kepada warga yang sehari-hari berprofesi sebagai tenaga kurir maupun pengiriman barang yang selalu menggunakan transportasi sepeda motor melintas di sepanjang ruas Jalan MH Thamrin - Jl Medan Merdeka Barat untuk menggunakan jalur alternatif. "Bisa lewat jalur belakang dong. Kan, kita tidak tutup jalur di belakang," katanya.

Desember, Larangan Motor Lewat HI Diujicobakan

Yang terpenting, menurut Basuki, dengan penerapan kebijakan ini, pengendara motor mau berhenti sejenak dan menggunakan bus tingkat.

"Jadi minimal, pengendara motor ada pilihan, mau parkir motor di mana pun, gedung siapa pun, atau belakang rumah siapa pun, dia (pengendara motor) punya pilihan istirahat," ucapnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini pun mengaku tidak akan mempermasalahkan potensi munculnya parkir liar akibat kebijakan pembatasan sepeda motor melintas di kawasan Thamrin-Medan Merdeka Barat.

"Tinggal kita lihat saja, kalau parkir (liar) di jalan tidak sampai menutupi jalan, ya kita tutup mata. Akan tetapi, kalau (parkir liar) sampai tutup jalan, ya kita sikat," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sebagian Jakarta Hari Ini

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1334 personFolmer
  2. Ketua FKDM DKI Dukung Kebijakan Solutif Pj Gubernur untuk Jukir Minimarket

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1200 personFolmer
  3. DKI Raih Penghargaan Best Booth Event Award di Seoul International Travel Fair 2024

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1124 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 1.726 Warga Lenteng Agung Dapat Bantuan Pangan Beras Gratis

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1102 personTiyo Surya Sakti
  5. Dinkes dan DLH DKI Kampanye Atasi Polusi di RPTRA Pandawa

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1046 personBudhi Firmansyah Surapati