You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bangunan & Lapak PKL di Tegal Alur Ditertibkan
Karena berdiri di atas saluran air, sebanyak 40 bangunan dan lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Permata dan Jalan Menceng, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (10/12), ditertibkan petugas kelurahan setempat..
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

78 Bangunan Sisi Timur Waduk Pluit Dibongkar

Pemprov DKI Jakarta mulai membongkar bangunan yang berdiri di atas penampang basah sisi timur Waduk Pluit di Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (12/12). Pembongkaran dilakukan agar pengerukan waduk dapat segera dikerjakan.

Waduk Pluit akan dikeruk hingga memiliki kedalaman enam meter. Saat ini kedalaman berkisar 2-3 meter saja

Sebanyak 78 bangunan yang dibongkar itu berlokasi di RT 19/17 Penjaringan. Sedangkan 78 kepala keluarga (KK) yang rumahnya dibongkar direlokasi ke rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) Muara Baru.

Pelaksana Normalisasi Waduk dan Kali DKI Jakarta, Heriyanto mengatakan, pembongkaran harus secepatnya dilakukan agar pihaknya bisa mengerjakan pengerukan. Selain itu, keberadaan puluhan bangunan itu juga rawan longsor karena berdiri di atas penampang basah. 

43 KK Warga Sisi Timur Waduk Pluit Direlokasi

"Waduk Pluit akan dikeruk hingga memiliki kedalaman enam meter. Saat ini kedalaman berkisar 2-3 meter saja," kata Heriyanto.

Pembongkaran itu sendiri melibatkan 100 personel Satpol PP dari Kecamatan Penjaringan. Dua alat berat backhoe juga dikerahkan untuk memudahkan petugas merobohkan bangunan.

Camat Penjaringan, Rusdiyanto menjelaskan, sebanyak 43 KK sudah direlokasi ke Rusunawa Muara Baru. Sedangkan 35 KK lainnya sudah sepakat untuk direlokasi. Saat ini puluhan KK itu tengah diverifikasi untuk mendapatkan unit rusun.

Rusdiyanto mengungkapkan, total bangunan yang berdiri di atas penampang basah sisi timur Waduk Pluit mencapai 700 bangunan. "Secara bertahap penghuninya akan kita pindahkan ke rusunawa," terangnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1215 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1155 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1143 personAnita Karyati
  4. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1082 personTP Moan Simanjuntak
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye944 personNurito