You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Abk Kapal dan Nelayan Kepulauan Seribu Rentan Terinveksi HIV-Aids
Dari hasil pendataan selama kurun 2010-2013lalu, dari jumlah penduduk  Kepulauan Seribu lebih dari 25 ribu jiwa, diantaranya sebanyak 1000 pria berprofesi sebagai nelayan dan 148 pria lain berprofesi sebagai abk kapal ojek. Selain para nelayan .
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Nelayan Kepulauan Seribu Rentan Terinfeksi HIV/AIDS

Dari 25 ribu jiwa jumlah penduduk Kepulauan Seribu, sebanyak 1.000 pria berprofesi sebagai nelayan dan 148 pria lain berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK) yang rentan terinfeksi HIV/AIDS. Selain para nelayan dan ABK, juga ada 2 orang waria yang tergolong kelompok rentan terinfeksi virus tersebut.

Tidak ditemukannya penderita HIV bukan berarti kami berpuas diri. Selain preventif, kita juga terus lakukan deteksi, sehingga bila ada yang terinfeksi bisa segera ditangani

Sedangkan untuk kelompok lain yang rawan terinfeksi seperti wanita pekerja seks (WPS), lelaki seks lelaki (LSL) dan pengguna jarum suntik (Penasun). Namun, belum ada warga yang terdeteksi mengidap HIV.

Sekretaris Komite Penanggulangan AIDS Kabupaten (KPAK) Kepulauan Seribu, H Anwar, mengakui, walaupun belum ada warga yang teridentifikasi mengidap HIV, namun satu orang wanita warga Kepulauan Seribu berumur 40 tahun teridentifikasi mengidap AIDS pada 2011 lalu.

4.274 Orang di Jakut Rentan Terinfeksi HIV/AIDS

"Sampai sekarang dia masih ditangani rutin untuk pengobatan. Setiap 3 bulan sekali ia berobat," ujarnya, Senin (15/12).

Sedangkan untuk kelompok yang berpotensi tinggi terinfeksi, kata Anwar, pihaknya gencar melakukan tindakan preventif. Di antaranya dengan metode edukasi, sosialisasi dan informasi terkait bahayanya penyakit HIV/AIDS serta penularannya.

Selain itu, guna memberikan pengetahuan tentang bahaya virus HIV/AIDS, KPAK juga sudah membentuk Tim Warga Peduli AIDS (WPA). Tim yang melibatkan Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK), PKK dan RT/RW, sudah dibentuk di 6 kelurahan di 2 Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Tidak ditemukannya penderita HIV bukan berarti kami berpuas diri. Selain preventif, kita juga terus lakukan deteksi, sehingga bila ada yang terinfeksi bisa segera ditangani," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye808 personAldi Geri Lumban Tobing