You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
ibu hamil mengidap hiv aids ilustrasi
.
photo doc - Beritajakarta.id

37 Ibu Hamil di Jakbar Positif HIV/AIDS

Penderita HIV/AIDS di Jakarta Barat terus meningkat tiap tahun. Bahkan dari data Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, sejak Januari hingga Agustus tercatat ada 37 ibu hamil yang positif terinfeksi mematikan tersebut. Pasien pasien harus rutin mengkonsumsi obat antiretroviral selama masa kandungan untuk mencegah tertularnya virus kepada anak mereka.

Jika ada ibu hamil positif mengidap HIV/AIDS, kami langsung memberikan obat  antiretroviral

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Widyastuti menjelaskan, jumlah ibu hamil yang terinfeksi diprediksi lebih banyak dari data yang terekam. Pasalnya, tidak semua ibu hamil bersedia diperiksa tes HIV/AIDS. 

"Jika ada ibu hamil positif mengidap HIV/AIDS, kami langsung memberikan obat  antiretroviral. Obat ini harus rutin diminum untuk mencegah tertularnya virus kepada anak mereka," kata Widyastuti, Jumat (3/10).

Januari-Agustus, 25 Orang Positif HIV/AIDS

Meski begitu, kata Widyastuti, tidak seluruh ibu hamil penderita HIV/AIDS yang mau mengkonsumsi antiretroviral. Sebab dari 37 pasien, hanya 31 ibu hamil saja yang rutin mengambil antiretroviral di RSUD Cengkareng. 

Sementara itu, Koordinator HIV/AIDS Puskesmas Kecamatan Tamansari, dr. Yuli mengungkapkan, di wilayahnya sejak Januari hingga September tercatat ada tiga ibu hamil yang positif mengidap HIV/AIDS. 

"Di Puskesmas Kecamatan Taman Sari yang bersedia melakukan tes HIV/AIDS hanya 65 persen, dari jumlah ibu hamil yang melakukan tes kehamilan. Dari 845 ibu hamil yang ikut tes, tiga diantaranya positif," jelas Yuli.

Menurut Yuli, sesuai Permenkes Nomor 21 Tahun 2013, setiap ibu hamil yang melakukan tes kesehatan ke rumah sakit atau puskesmas wajib ditawarkan tes HIV/AIDS.  

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1114 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye903 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye826 personAldi Geri Lumban Tobing