You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Aetra Akan Remajakan Pompa Tua
PT Aetra Air Jakarta selaku operator air bersih di ibu kota akan meremajakan pompa-pompa yang dimilikinya. Peremajaan ini dilakukan mengingat sebagian besar alat penyedot air baku tersebut telah berusia tua..
photo doc - Beritajakarta.id

Aetra Akan Remajakan Pompa Tua

PT Aetra Air Jakarta selaku operator air bersih di ibu kota akan meremajakan pompa-pompa yang dimilikinya. Peremajaan ini dilakukan mengingat sebagian besar alat penyedot air baku tersebut telah berusia tua.

Saat ini, kami memiliki sekitar 10 pompa yang sebagian besar sudah berusia lebih dari 30 tahun

Direktur Operasional PT Aetra Air Jakarta, Lintong Hutasoit mengatakan, sebagian besar pompa air telah beroperasi sejak tahun 1982 silam. Sehingga perlu  peremajaan untuk menunjang pelayanan yang maksimal kepada warga Jakarta.

"Saat ini, kami memiliki sekitar 10 pompa yang sebagian besar sudah berusia lebih dari 30 tahun," ujar Lintong di Balaikota, Selasa (23/12).

Pipa Bocor, Suplai Air Bersih Terganggu

”Tidak sekadar peremajaan saja, tapi alat yang akan digunakan harus lebih efisien tanpa mengurangi kualitas layanan terhadap masyarakat. Tekanan dan debit yang dihasilkan lebih besar. Tapi energi listrik yang digunakan lebih rendah," ucapnya.

Namun, diakui Lintong, sistem pompa hemat energi ini belum dapat terpasang di semua pompa yang dimiliki Aetra. Padahal, dengan menggunakan pompa hemat energi ini, Aetra dapat menghemat pengeluaran biaya operasional sekitar 10 sampai 20 persen.

"Kapasitas pompa dan kebutuhan warga harus disesuaikan. Jadi tidak semua pompa dapat kami ganti. Dari perhitungan yang dilakukan mungkin hanya 2 dari pompa yang dimiliki untuk diganti dengan pompa hemat energi ini," katanya.

Untuk merealisasikan proyek ini, pihaknya telah menggandeng PT Teralindo Lestary, selaku penyedia pompa hemat energi tersebut.

”Penggunaan pompa hemat energi baru saat ini dilakukan terhadap satu pompa yang terpasang di water treatment plant (WTP) Pulogadung, instalasi milik Aetra,” ungkapnya.

Direktur Utama Teralindo Lestary, Poltak Sitinjak, menambahkan, pompa hemat energi ini menggunakan pompa amstrong vertical in line dengan kapasitas 1.300 liter per detik dengan daya 0,088 amper per liter per detik.

Sedangkan pompa air milik PT Aetra Air Jakarta yang selama ini digunakan yakni horizontal split casing dengan kapasitas 1.000 liter per detik dengan daya 0,14 amper liter per detik.

“Dari perhitungan yang dilakukan. Dengan menggunakan sistem pompa ini penghematan energi yang didapat adalah di atas 55 persen,” jelasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye919 personAldi Geri Lumban Tobing