You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Arena PKL
Pembangunan penataan PKL di lapangan ex-Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (ex-IRTI) Monas hingga kini belum ada kejelasan. .
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Program PKL Lenggang Jakarta Monas Molor

Program penataan pedagang kaki lima (PKL) di bekas lokasi Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) di Taman Monas atau disebut program Lenggang Jakarta sudah hampir selesai. Namun, hingga saat ini lahan tersebut belum juga digunakan.

Itu kan CSR (corporate social responsibility)-nya perusahaan Sosro, bukan dari Pemda, jadi kalau belum berjalan, artinya memang dari pihak sananya yang belum selesai

Padahal rencananya program Lenggang Jakarta yang akan ditempati 399 PKL tersebut sudah mulai dioperasikan awal Desember lalu. Namun hingga kini ratusan kios yang didominasi warna oranye itu masih terlihat sepi.

Pantauan beritajakarta.com, Selasa (23/12), ratusan kios tersebut masih dalam kondisi tertutup. Beberapa diantaranya bahkan terlihat kotor berdebu. Sejumlah pekerja terlihat sibuk memasang instalasi listrik. Sedangkan pekerja lainnya merapikan jalan pintu masuk.

Ahok Minta Swasta Latih PKL IRTI Monas 5 Tahun

Ijul (32), salah satu pekerja mengaku belum mengetahui kapan lokasi PKL Lenggang Jakarta akan rampung. "Saya belum dapat informasi tempat ini dibuka," ujarnya.

Kepala Suku Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Pusat, Sri Indiastuti mengatakan, Lenggang Jakarta memang ditargetkan untuk mulai dioperasikan pada awal Desember 2014. Namun ia mengakui hingga saat ini program tersebut belum selesai.

"Itu kan CSR (corporate social responsibility)-nya perusahaan swasta, bukan dari Pemda, jadi kalau belum berjalan, artinya memang dari pihak sananya yang belum selesai. Kami juga enggak bisa memburu-buru," ujar Sri.

Sri menuturkan, jajarannya akan terus mengawasi program tersebut. Namun, untuk hubungan antara pihak perusahaan dan kontraktor, dia mengaku tidak akan melakukan intervensi.

Meski demikian, ia tetap memberikan pengawasan untuk program pelatihan kepada calon pedagang-pedagang yang akan berjualan di lokasi Lenggang Jakarta.

"Saat ini pelatihan sudah selesai, tinggal nanti mereka mencoba praktik dulu sebelum mulai dagang," tandas Sri. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1217 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1101 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1043 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye849 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye779 personBudhi Firmansyah Surapati