You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jarang Tampil Personil.PSPM Tetap Intens Latihan
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

PSPM Siap Berkolaborasi dengan Pemprov DKI Lestarikan Seni Betawi

Agar kesenian tradisi dan kebudayaan Betawi ini tetap lestari, kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,

Di tengah arus modernisasi, Paguyuban Seliwa Pukul Marzuki (PSPM) yang bermarkas di Jl Bulak Budi Bakti, RT 07/08, Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat masih konsisten dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan Betawi.

Seniman Betawi Apresiasi Kepedulian Pemprov DKI

"Agar kesenian tradisi dan kebudayaan Betawi ini tetap lestari, kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujar Rusli (48) pimpinan PSPM, Minggu (22/9).

Dijelaskan Rusli, hal tersebut dilakukan oleh pihaknya atas dasar kecintaan dan tanggung jawab terhadap kelestarian seni dan budaya Betawi.

Soal sejarah berdirinya paguyuban PSPM, ia menuturkan paguyuban tersebut didirikan oleh para sesepuh warga asli Betawi yang tinggal di Kalideres.

"Dulunya, paguyuban ini fokus pada pelestarian beladiri silat Betawi, namun pada 2014 pelestariannya berkembang pada kesenian Gambang Kromong, Palang Pintu, Tari Topeng, Ondel-ondel dan berbagai jenis tarian tradisi Betawi lainnya," katanya.

Tak heran jika kemudian markas PSPM yang juga menjadi rumah tinggal sesepuh, Saadi (62) ini dipenuhi dengan berbagai macam alat musik tradisional, seperti Gambang Kromong dan lain sebagainya.

Selain itu, paguyuban yang beranggotakan 30 orang dengan usia dari 18-50 tahun tersebut secara administrasi  juga telah terdata di Sudin Parbud Jakarta Barat.

Menurutnya, selama ini, kesenian tradisional Betawi yang dipelajari kerap ditampilkan di pesta-pesta pernikahan maupun pementasan di sejumlah wilayah.

"Kami juga ingin terlibat di panggung-panggung kesenian dan kebudayaan yang digagas oleh Pemprov DKI agar kesenian serta kebudayaan Betawi bisa tetap lestari," tandasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye4894 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4219 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2862 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2811 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2707 personFolmer