You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DRRD Dari Empat Daerah Pelajari Penyusunan Tatib di DPRD DKI
.
photo Maulana Khamal Macharani - Beritajakarta.id

Anggota Dewan dari Empat Daerah Pelajari Tatib di DPRD DKI

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kabupaten Bulukumba, Kota Pekan Baru, dan Kota Surabaya, melakukan kunjungan kerja ke DPRD DKI Jakarta.

Kami ingin melakukan penyesuaian,

Kedatangan anggota dewan dari daerah ini untuk mempelajari mekanisme pembahasan Tata Tertib (Tatib) dan Tata Beracara Badan Kehormatan (BK) di DPRD DKI Jakarta.

Legislator Provinsi Hubei RRT Pelajari Mekanisme Pembahasan APBD di DPRD DKI

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mengatakan, di DPRD Kota Pekanbaru saat ini masih berlaku Tatib yang disusun DPRD periode sebelumnya.

"Kami ingin melakukan penyesuaian dalam periode baru 2019-2024. Selain itu, kami ingin mempelajari Tata Beracara di Badan Kehormatan. Hasil dari studi komparasi ini akan kita aplikasikan, termasuk penyesuaian kearifan lokal di wilayah masing-masing," ujarnya, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (16/10).

Menurutnya, berdasarkan kunker hari ini ada banyak masukan dari DPRD DKI Jakarta yang bisa menjadi pertimbangan dalam pembentukan Tatib yakni, asas fleksibilitas agar Tatib tersebut tidak menjadi belenggu bagi anggota DPRD.

"Masukan tersebut bisa kita diskusikan dalam penyusunan Tatib dan Tata Beracara yang akan digunakan dalam lima tahun," terangnya.

Sementara, anggota DPRD DKI Jakarta, Panji Virgianto menjelaskan, adapun azas fleksibilitas yang dimaksud adalah penyesuaian Tatib dengan fungsi kedewanan yang mencakup fungsi penganggaran, pengawasan dan legislasi.

"Tatib ini harus selaras, ini kan frame untuk bekerja. Walaupun nanti ada revisi sebaiknya tida membelenggu. Salah satunya berkaitan dengan pekerjaan atau kunjungan ke luar daerah atau ke luar negeri. Ini tidak bisa serta merta diasumsikan tidak bekerja kalau tidak ada di kantor," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4421 personNurito
  2. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3765 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3762 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3607 personFolmer
  5. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2664 personAnita Karyati