You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
23 Puskesmas Kecamatan Terakreditasi Paripurna
.
photo doc - Beritajakarta.id

23 Puskesmas Kecamatan Terakreditasi Paripurna

Sebanyak 23 dari 44 puskesmas kecamatan di DKI Jakarta telah terakreditasi dengan status Paripurna. Dalam proses akreditasi yang berlangsung mulai tahun 2016 hingga 2019 tersebut, sebanyak 12 dari 23 puskesmas tersebut sudah menjalani proses reakreditasi.

Penilaian dilakukan oleh tim independen

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, status Paripurna tersebut merupakan kategori tertinggi dari hasil penilaian akreditasi.

"Urutannya itu Perdana, Dasar, Madya, Utama, dan Paripurna," ujarnya, Rabu (23/10).

Dinkes Buka Layanan Kesehatan di Balaikota Vaganza

Widyastuti menjelaskan, ada tiga unsur pokok yang harus dipenuhi puskesmas kecamatan tersebut untuk mendapat akreditasi yakni, unsur administrasi dan manajerial, unsur Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan unsur Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

"Penilaian dilakukan oleh tim independen dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau FKTP," terangnya.

"23 puskesmas kecamatan statusnya Paripurna. Tim penilai yang merupakan tim independen dari surveyor tingkat nasional ditugaskan ke kita untuk mencapainya banyak instrumen, tapi tiga unsur ini diuraikan dalam banyak instrumen," ungkap Widyastuti, Rabu (23/10).

Menurutnya, Kementerian Kesehatan RI menargetkan akreditasi seluruh puskesmas di tahun 2022. Sementara, untuk di DKI Jakarta proses akreditasi sudah dilakukan di semua puskesmas kecamatan.

"Ada gradasi dalam penilaian akreditasi puskesmas yang dilakukan oleh Kemenkes RI. Maka itu, Dinas Kesehatan akan melakukan perbaikan terus menerus di semua lini agar seluruh puskesmas meraih status Paripurna karena setiap tiga tahun sekali akan direakreditasi," tandasnya.

Tahun depan target semuanya akreditasi, harus optimas. Kami akan lakukan perbaikan untnuk menjaga mutu bahwa yang kami berikan itu rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," tandas Widyastuti.

Untuk diketahui, 23 puskesmas kecamatan (PKC) yang sudah terakreditasi Paripurna yakni,

PKC Senen, PKC Gambir ,PKC Menteng, PKC Kemayoran, PKC Sawah Besar, PKC Koja, PKC Kelapa Gading, PKC Penjaringan, dan PKC Cilincing.

Kemudian, PKC Kebon Jeruk, PKC Tambora, PKC Grogol Petamburan, PKC Kalideres, PKC Palmerah, PKC Cilandak, PKC Pasar Minggu, PKC Setiabudi, PKC Kebayoran Baru, PKC Kebayoran Lama, PKC Mampang Prapatan, PKC Cipayung, PKC Pasar Rebo, dan PKC Cakung.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye1906 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Hingga Hujan Berintensitas Ringan

    access_time08-09-2024 remove_red_eye1014 personFolmer
  3. Pimpinan Sementara DPRD Usul Jabatan Pj Gubernur Diperpanjang Tiga Bulan

    access_time07-09-2024 remove_red_eye947 personAnita Karyati
  4. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye928 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye696 personBudhi Firmansyah Surapati