You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Antisipasi Banjir, Ratusan Warga Kedoya Selatan Mulai Berbenah Barang
Intensitas hujan yang mulai turun dengan deras hingga membuat sebagain hunian warga yang tinggal di bantaran anak Kali Pesanggrahan mulai terendam air setinggi 30 sentimeter membuat ratusan Kepala Keluarga (KK) warga RW 05, Kelurahan Kedoya Selatan,.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Antisipasi Banjir, Warga Mulai Kemasi Barang

Curah hujan yang tinggi sepekan terakhir mengakibatkan sebagian pemukiman yang berlokasi di bantaran Kali Pesanggrahan mulai terendam banjir dengan ketinggian rata-rata 30 sentimeter.

Saya sengaja memindahkan barang-barang lebih cepat ke rumah saudara, karena khawatir banjir datang tiba-tiba

Ratusan kepala keluarga (KK) yang tinggal di sekitar lokasi, tepatnya di RW 05 Kelurahan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pun mulai dilanda kecemasan. Warga  khawatir jika hujan tidak berhenti, maka pemukiman mereka akan ikut terendam banjir.

Untuk menghindari banjir yang bisa datang tiba-tiba, warga akhirnya mulai mengemasi barang-barang berharga miliknya untuk dipindahkan ke lokasi yang aman. Sedangkan sebagian warga lainnya mulai memindahkan perabotan rumah tangganya seperti, lemari, kulkas, televisi dan barang elektronik lainnya ke lantai dua rumah mereka.

Alat Deteksi Banjir Dipasang di Ulujami

"Saya sengaja memindahkan barang-barang lebih cepat ke rumah saudara, karena khawatir banjir datang tiba-tiba. Sebab luapan air dari anak Kali Pesanggarahan mulai menggenangi jalanan," kata Suarti (51), salah satu warga RT 02/05, Kelurahan Kedoya Selatan, Selasa (13/1).

Sementara, Ketua RW 05, Sumardi Ramelan menuturkan, curah hujan yang tinggi mulai menggenangi sebagian pemukiman warga yang berada di RT 02 dan RW 04. Kedua RT tersebut memang berbatasan langsung dengan Kali Pesanggrahan.

"Dari 16 RT yang ada di sini, 14 RT lainnya memang rawan banjir dengan ketinggian 1-2 meter. Warga sudah mengemasi barang-barang milik mereka sejak minggu lalu untuk mengantisipasi datangnya banjir," ujar Sumardi.

Walikota Jakarta Barat, Anas Effendi mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan untuk membantu warga RW 05 Kelurahan Kedoya Selatan, apabila  huniannya terendam banjir.

"Kami sudah siapkan seluruh kebutuhan dan perlengkapan untuk warga. Banjir yang menggenangi pemukiman itu akibat banjir kiram dari Bogor," jelas Anas.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1048 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye913 personAldi Geri Lumban Tobing