You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ahok : Relokasi Warga Ke Rusun Bukan Pelanggaran Ham
Banyaknya hunian liar yang berdiri disepanjang bantaran kali di DKI Jakarta menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana banjir di Ibu Kota. Karena  itu Pemrop DKI berencana akan merelokasi warga  untuk dipindahkan rumah sus.
photo Hendi Kusuma - Beritajakarta.id

DKI Fokus Bersihkan Bangunan di Pinggir Kali

Pemprov DKI Jakarta terus fokus untuk menertibkan bangunan liar yang berlokasi di bantaran kali dan saluran air yang tersebar di ibu kota. Sebab, keberadaan bangunan liar itu merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya banjir.

Sebagian besar penyebab banjir berasal dari luapan kali akibat penyempitan dan pendangkalan, sebab di sana marak bangunan liar,

"Sebagian besar penyebab banjir berasal dari luapan kali akibat penyempitan dan pendangkalan, sebab di sana marak bangunan liar," kata Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, Jumat (23/1).

Maret, Warga Kampung Pulo Direlokasi ke Rusunawa

Basuki mencontohkan maraknya bangunan liar di sepanjang Jalan Gunung Sahari, Jakarta Barat. Di lokasi ini terdapat sungai yang akhirnya tidak dapat berfungsi karena di atasnya sudah berdiri puluhan bangunan berbentuk permanen.

"Coba bayangin, sampai sekarang ada sungai yang masih diduduki warga. Padahal kita perlu untuk membuat saluran air," jelas Basuki.

Menurut mantan Bupati Belitung Timur ini, selain menertibkan bangunan liar, solusi lain untuk mengurangi banjir yakni dengan membangun saluran air dari hulu hingga hilir di sejumlah lokasi rawan banjir.

"Sebetulnya membiarkan orang menduduki sungai sehingga tidak bisa dilalui saluran air itu termasuk melanggar HAM," tegas Basuki.

Dikatakan Basuki, Pemprov DKI sudah menyiapkan sejumlah lokasi rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk menjadi tempat tinggal baru bagi warga yang terkena penertiban bantaran kali.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye977 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing