You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Beri Pelatihan Online Pertanian Perkotaan Bagi Serikat Pekerja
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Adakan Pelatihan Pertanian Perkotaan Secara Daring

Pertanian perkotaan di Jakarta semakin diminati, terlebih di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Inovasi pun dilakukan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dengan menyelenggarakan pelatihan pertanian secara online (daring).

Bis a menambah pendapatan

Dalam pelatihan secara daring yang dilaksanakan hari ini diikuti sebanyak 60 peserta yang tergabung dalam Serikat Pekerja Toyota Astra Motor (TAM).

Pelatihan online ini juga menggandeng pelaku atau pegiat pertanian perkotaan dari tiga wilayah sebagai narasumber.

Urban Farming di Kembangan Panen Bayam

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, kerja sama dengan Serikat Pekerja TAM ini dalam rangka memperkenalkan serta menjangkau sasaran lebih luas lagi tentang pertanian perkotaan atau urban farming di masyarakat.

Melalui pelatihan ini, Dinas KPKP DKI Jakarta mengajak apabila ada anggota serikat pekerja yang sedang mengalami pemutusan hubungan kerja atau pengurangan pendapatan karena pandemi COVID-19 dapat melakukan kegiatan pertanian perkotaan.

"Paling tidak ini bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, syukur-syukur bisa menambah pendapatan mereka karena bisa dilakukan di waktu senggang dan relatif singkat," ujarnya, Jumat (15/5).

Mujiati menjelaskan, materi pelatihan online diantaranya pengenalan sistem dan kelebihan hidroponik, teknik-teknik hidroponik untuk pemula, dan media tanam, termasuk manfaat urban farming. Selain itu, pelaku pertanian perkotaan juga berbagi pengalaman mereka kepada peserta pelatihan.

"Meski pemula, kami terus memotivasi mereka dengan memperkenalkan teknik-teknik sederhana. Kami ajak narasumber supaya bercerita secara langsung apa yang mereka alami agar bisa memberikan gambaran kepada peserta dari serikat pekerja bahwa hidroponik ini tidak harus mahal," terangnya.

Ia menambahkan, dalam pelatihan online tersebut juga membuka sesi tanya jawab dan kuis. Bagi empat peserta yang dapat menjawab pertanyaan diberikan media tanam hidroponik khusus pemula.

"Kerja sama selanjutnya kami sediakan bibit, kalau untuk sarana dan sebagainya kami sediakan pendampingan terkait bahan-bahan bekas yang ada di rumahnya bisa digunakan. Pendampingan akan dilakukan sampai mereka bisa mandiri," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5270 personTiyo Surya Sakti
  2. Derai Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time21-04-2024 remove_red_eye2544 personFolmer
  3. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2307 personTiyo Surya Sakti
  4. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2279 personTP Moan Simanjuntak
  5. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2203 personNurito