You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bapemperda Bahas Raperda Perubahan Retribusi Daerah
.
photo doc - Beritajakarta.id

Bapemperda Bahas Raperda Perubahan Retribusi Daerah

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) perubahan kedua atas Perda Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Daerah. 

Diusulkan sebanyak 20 OPD

Rapat pembahasan tersebut dihadiri jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta. 

Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan mengatakan, raperda perubahan kedua Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang Retribusi Daerah yang dibahas bersama merupakan usulan dari eksekutif yang masuk dalam Propemperda tahun 2020. 

Bapemperda Rapat Dengar Pendapat Bahas Revisi Perda Retribusi Daerah

"Tahap awal, pihak eksekutif yang mengajukan usulan perubahan perda memaparkan perubahan apa saja terkait retribusi daerah di Ibukota," ujarnya, Kamis (11/6). 

Pantas menjelaskan, revisi peraturan terkait retribusi daerah yang diajukan merupakan penyesuaian dari kebijakan pemerintah pusat. 

"Ada sejumlah tarif retribusi daerah yang diusulkan sebanyak 20 OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ada yang mengalami kenaikan atau dihapuskan," terangnya.

Menurutnya, pembahasan lebih lanjut setiap pasal di dalam raperda perubahan kedua atas Perda Nomor 3 Tahun 2012 akan dilanjutkan bersama 20 OPD yang mengusulkan revisi tarif retribusi daerah. 

"Prinsipnya, kenaikan maupun penghapusan tarif retribusi daerah tidak semata-mata meningkatkan pendapatan daerah, tapi pelayanan kepada warga lebih meningkat," ungkapnya.

Ia menambahkan, DPRD DKI Jakarta konsen terhadap usulan sejumlah tarif retribusi daerah yang mengalami kenaikan di antaranya sewa rumah susun. Sebab, kenaikan yang diajukan akan berdampak banyaknya warga tidak mampu menunggak kewajiban membayar sewa hunian rusun. 

"Kita ingin pembahasan kenaikan tarif retribusi daerah yang dibahas tidak sekadar bagus di atas kertas, tapi juga rasional serta memenuhi rasa keadilan," tandasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye6315 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3417 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3324 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3271 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3161 personNurito