You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
JPS Apresiasi Penambahan Kuota Jalur Afirmasi Seleksi PPDB DKI Jakarta
.
photo istimewa - Beritajakarta.id

JPS Apresiasi Penambahan Kuota PPDB Jalur Afirmasi

Jakarta Public Service (JPS) mengapresiasi keputusan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta yang menambah kuota melalui jalur afirmasi dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pembelajaran 2020/ 2021. 

Kesempatan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu

Direktur Eksekutif JPS, Mohammad Syaiful Jihad mengatakan, melalui penambahan kuota tersebut akan lebih banyak memberikan kesempatan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk diterima di sekolah negeri.

Catat, Ini Jadwal PPDB Online di Jakarta

"Saya menilai keputusan ini sangat baik. Kesempatan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu semakin besar untuk mengenyam pendidikan di sekolah negeri," ujarnya, Selasa (16/6).

Syaiful berharap adanya penyesuaian peningkatan kuota melalui jalur afirmasi untuk jenjang SMP dan SMA yang semula 20 menjadi 25 persen dan jenjang SMK dari 20 menjadi 35 persen dapat lebih menghadirkan kesetaraan di Jakarta.

"Kita tentu ingin pendidikan atau sekolah yang menjadi eskalator kehidupan ini bisa membawa anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk berprestasi dan kelak dapat mengubah nasib dirinya dan keluarga menjadi lebih baik," terangnya.

Ia menambahkan, penerimaan peserta didik melalui jalur prestasi jenjang SMP dan SMA sebesar 30 persen dan 60 persen jenjang SMK juga sudah baik karena bisa terus memacu para murid untuk berprestasi.

"Melalui kebijakan-kebijakan ini kita tentu berharap kualitas pendidikan di Jakarta bisa terus meningkat dan menjadi barometer di Indonesia," ungkapnya.

Syaiful meminta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga dapat melakukan pengawasan terhadap seleksi PPDB online agar tidak menyulitkan orang tua murid di saat pandemi COVID-19 saat ini.

"Tidak kalah penting, adanya kritikan dan masukan dari publik agar PPDB online ini berjalan dengan baik harus menjadi perhatian," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Ini Ketentuan Usaha Pariwisata Live Music di Jakarta Saat Lanjutan PPKM Level 3

    access_time23-09-2021 remove_red_eye1646 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 168 Peserta Ikuti Kelas Berkebun Sesi Tiga di Jakpus

    access_time23-09-2021 remove_red_eye1341 personAnita Karyati
  3. Tiga Lokasi di Jakpus Ini akan Dibangun Bioswale

    access_time24-09-2021 remove_red_eye898 personAnita Karyati
  4. Perkembangan Data Kasus dan Vaksinasi COVID-19 di Jakarta per 24 September 2021

    access_time24-09-2021 remove_red_eye896 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. PT MRT Jakarta (Perseroda) Dapat Gold Champion Tourism and Creative Campaign Award 2021

    access_time24-09-2021 remove_red_eye895 personAldi Geri Lumban Tobing