You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Pengerukan Kali Sekretaris Amburadul Jadi Penyebab Banjir di Kebon Jeruk
.
photo doc - Beritajakarta.id

Warga Minta Pengerukan Kali Sekretaris Dioptimalkan

Normalisasi Kali Sekretaris, berupa pengerukan lumpur di kawasan Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, diminta warga untuk dioptimalkan. Salah satunya dengan mengeruk lumpur sepanjang 57 meter yang sempat ditinggalkan oleh pemborong.

Pengerukan lumpur pada Kali Sekretaris yang sudah dangkal sangat penting demi meminimalisir banjir. Kami minta agar kembali dilakukan

Ketua RW 09, Kelurahan Duri Kepa, Yan Rusli menuturkan, akibat pengerukan yang tidak optimal, banjir yang  menggenangi hunian warga sekitar, perumahan Green Ville dan Green Garden setinggi satu meter sempat berlangsung hingga selama seminggu.

"Pengerukan lumpur pada Kali Sekretaris yang sudah dangkal sangat penting demi meminimalisir banjir. Kami minta agar kembali dilakukan," ujarnya, Sabtu (21/2).

70 Bangunan di Bantaran Ciliwung Dibongkar

Terkait hal itu, Kasudin PU Tata Air Jakarta Barat, Henry Dunant, tidak menampik kalau pengerukan kali yang dilakukan salah satu perusahaan rekanan Pemprov DKI dilakukan asal jadi. Sedangkan sisanya sepanjang 57 meter tidak dikeruk, tapi dibiarkan ditinggal.

“Alasan tidak dikeruknya lumpur, karena batas waktunya yang sudah habis. Saya sangat menyesalkan tidak profesionalnya pemborong tersebut,” ujar Henry, Sabtu (21/2).

Ia berharap pemborong segera menutaskannya. Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah memasukkan pemborong tersebut dalam daftar hitam. Ke depan, pihaknya juga sudah mengajukan anggaran sekitar Rp 20 miliar untuk normalisasi kali. Namun, pihaknya enggan melakukan pengerjaan menggunakan anggaran perubahan.

“Kalau proyek dilakukan menggunakan anggaran perubahan, waktu pengerjaannya mepet. Pasti tidak cukup. Tidak menutup kemungkinan nantinya ditinggal oleh pemborongnya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye4479 personTP Moan Simanjuntak
  2. Pj Gubernur Buka Secara Resmi Pameran Flona 2024

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1912 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Petugas Gabungan Tangani Longsor Tebing Tol di Jalan Mulia Bhakti

    access_time06-07-2024 remove_red_eye1640 personTiyo Surya Sakti
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1227 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye973 personTiyo Surya Sakti