You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinsos DKI Siagakan Ribuan Personil dan Sarana Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinsos DKI Siagakan Ribuan Personel dan Sarana Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta menyiapkan ribuan personel dan berbagai sarana guna mengantisipasi ancaman bencana seperti, banjir, tanah longsor, dan angin kencang, mengingat cuaca ekstrem yang akan terjadi pada akhir tahun ini hingga awal tahun depan.

Kami menyiapkan tenda kurang lebih 30 unit, kendaraan operasional 34 unit, dapur umum ada enam lokasi yang disiagakan

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ika Yuli Rahayu menuturkan, pihaknya telah menyiagakan 1.600 personel Tagana dan 90 orang Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB).

Selain itu, serta 84 Kampung Siaga Bencana (KSB) disiagakan di daerah rawan bencana yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi. Tak hanya itu, berbagai sarana juga disiapkan.

Antisipasi Banjir, Sudinsos Jaktim Siagakan 400 Tagana

"Kami menyiapkan tenda kurang lebih 30 unit, kendaraan operasional 34 unit, dapur umum ada enam lokasi yang disiagakan. Untuk logistik, kami dorong ke wilayah mendukung segala kebutuhan baik natura maupun makan siap saji. Kami juga berkoordinasi dengan KSB di 84 kelurahan, sebagai persiapan tambahan dapur umum mandiri yang dilakukan secara spontan oleh masyarakat yang tidak terdampak bencana," ungkap Ika dalam siaran pers PPID Pemprov DKI, Selasa (16/11).

Ika menjelaskan, persiapan ini merupakan arahan Gubernur DKI Jakarta Nomor 58 Tahun 2020 Perihal Kesiapsiagaan dan Antisipasi Ancaman Bencana Banjir dan Angin Kencang Pada Musim Hujan di Masa Pandemi COVID-19 yang diturunkan kembali melalui Instruksi Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta No.38 Tahun 2020.

"Ada beberapa poin yang ditekankan oleh Kepala Dinas, salah satunya adalah mengantisipasi potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal, terutama pada wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang berbatasan langsung dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan dan lereng. Ini mengingat pernah terjadi longsor di daerah tersebut," kata Ika.

Dia mengingatkan seluruh petugas untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat melakukan pelayanan ke masyarakat.

"Karena dalam suasana pandemi COVID-19, maka perhatikan seluruh protokol kesehatan dalam semua kegiatan dengan memperhatikan seluruh protokol kesehatan. Baik kesehatan sendiri, disiplin jaga jarak dan menggunakan masker," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3953 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 106 Warga RW 06 Pengadegan Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3498 personTiyo Surya Sakti
  3. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari Ini

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3324 personAnita Karyati
  4. Kebakaran di Kelurahan Tengah Dipicu Arus Pendek Listrik

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3260 personNurito
  5. Warga Apresiasi Penataan Kawasan di Kelurahan Petamburan

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3260 personBudhi Firmansyah Surapati