You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Pengembangan Pertanian Perkotaan Sistem Hidroponik di Kepulauan Seribu Diapresiasi Dewan
.
photo Suparni - Beritajakarta.id

Legislator Ini Apresiasi Pengembangan Pertanian Perkotaan di Kepulauan Seribu

Pertanian perkotaan atau urban farming di Kepulauan Seribu terus berkembang pesat. Selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, penjualan hasil panen juga bisa menambah penghasilan keluarga.

Sangat bagus dan solutif

Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Idris mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yang terus melakukan pendampingan dan pembinaan, sehingga ketahanan pangan di pulau-pulau permukiman terjaga.

"Minimal untuk kebutuhan warga pulau saja dapat terpenuhi, itu sudah sangat bagus dan solutif. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak lagi yang ikut mengembangkan urban farming ini," ujarnya, saat mengikuti Panen Raya di Green House Kelompok Tani (Poktan) Pemuda Kelapa Harapan, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Jumat (29/1).

Warga RW 04 Pulau Kelapa Giat Kembangkan Pertanian Perkotaan

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menuturkan, pertanian perkotaan ini akan terus dikembangkan dan menjadi role model di tiap-tiap pulau permukiman. Sehingga, bisa berkontribusi menjaga ketahanan pangan di Kepulauan Seribu.

"Melalui pertanian perkotaan seperti ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan sayuran bagi masyarakat setempat," terangnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP), Devi Lidya mengatakan, Green House Poktan Pemuda Kelapa Harapan dikelola oleh warga setempat bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauan Seribu.

"Untuk kebutuhan bibit serta peralatan mendapatkan bantuan Kementerian Pertanian RI, sementara pembinaannya dilakukan oleh Sudin KPKP Kepulauan Seribu. Panen perdana hari ini ada kangkung sebanyak 98,5 kilogram dan caisim mencapai 46,5 kilogram," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye4525 personNurito
  2. Gerimis Diprediksi Basahi Sebagian Jakarta

    access_time04-05-2024 remove_red_eye2854 personAnita Karyati
  3. DKI Antisipasi Turunnya Kualitas Udara Jelang Kemarau

    access_time07-05-2024 remove_red_eye2831 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Pulau Untung Jawa Diedukasi Pengelolaan Sampah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye2724 personAnita Karyati
  5. Heru Berharap Semangat Paskah Jadi Motivasi untuk Bersinergi

    access_time04-05-2024 remove_red_eye2669 personBudhi Firmansyah Surapati