You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
ATM Beras Tersedia di RW 02 Kelurahan Cilincing untuk Lansia dan Warga Tidak Mampu
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

RW 02 Kelurahan Cilincing Hadirkan ATM Beras

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara, mengembangkan program ketahanan pangan dengan membuat ATM Beras.

Saat ini kami baru memiliki satu ATM Beras, yakni di RW 02,

Lurah Cilincing, Sugiman menuturkan, ATM Beras ini merupakan bentuk inovasi dalam pemenuhan kebutuhan pangan bagi lansia dan warga yang tidak mampu atau yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saat ini kami baru memiliki satu ATM Beras, yakni di RW 02. Diluncurkan kemarin (Senin,15/3) di Kantor Sekretariat RW 02 Kelurahan Cilincing. Diharapkan selanjutnya dapat menarik perhatian sekaligus membuka hati para donatur yang lain untuk membantu mengembangkannya. Semakin banyak ATM Beras yang dimiliki tentu akan semakin banyak warga penerima manfaat," ujar Sugiman, Selasa (16/3).

Kelurahan Cilincing Perketat Penerapan PSBB

Sugiman mengungkapkan, ide membuat ATM Beras tercetus dari hasil musyawarah pengurus lingkungan untuk membantu warga yang terdampak pandemi COVID-19.

"Dampak dari pandemi tentu dirasakan banyak pihak. Untuk membantu meringankan beban ekonomi warga, maka berdasarkan hasil Musyawarah Ketua RW, RT, kader Jumantik dan kader Dasawisma akhirnya didapatkan ide membuat ATM Beras untuk para lansia, jompo dan warga tidak mampu. Donaturnya adalah para pengurus RT/RW serta tokoh masyarakat," terangnya.

Sugiman menerangkan, para lansia dan warga tidak mampu mendapat akses beras dari ATM Beras tersebut sebanyak dua kali pengambilan dalam sebulan. Saat ini ATM Beras baru bisa melayani 50 orang yang terdiri dari tiga orang yang dipilih dari setiap RT. Setiap pengambilan beras, warga memperoleh tiga kilogram beras.

Layaknya mesin ATM pada umumnya, warga harus menempelkan kartu pada mesin untuk bisa memperoleh beras. Proses pengambilan beras ini diawasi oleh pengurus RT/RW.

"Di masa pandemi ini banyak masyarakat terdampak. Untuk itu pengurus RT/RW ingin membantu warga yang benar-benar membutuhkan untuk meringankan beban ekonomi mereka melalui ATM Beras ini. Harapannya, RW-RW yang lain bisa berinovasi seperti di RW 02 ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1111 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1037 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1002 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye829 personNurito
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye769 personTiyo Surya Sakti