You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
20.000 KK Jadi Target Pelaksanaan IKRA Tahun Ini
.
photo doc - Beritajakarta.id

4.000 KK Jadi Target Pelaksanaan IKRA Tahun Ini

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta berkolaborasi dengan TP PKK kembali melaksanakan kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) dalam rangka meningkatkan minat baca serta pengetahuan masyarakat di masa pandemi ini. Sebanyak 4.000 Kepala Keluarga (KK) dari 100 kelurahan di Jakarta ditargetkan mengikuti IKRA tahun ini.

Pendistribusian buku dilakukan oleh kader PKK

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusip DKI Jakarta, Suryanto mengatakan, peserta Gerakan IKRA akan dipinjamkan koleksi buku untuk dijadikan sebagai bahan pustaka yang dibaca dan diringkas oleh keluarga di sejumlah wilayah.

"Penyampaian dan pendistribusian buku dilakukan oleh kader PKK secara langsung ke rumah keluarga yang berpartisipasi," ujarnya, Senin (5/4).  

25 Peserta IKRA Dapat Apresiasi dari Sudin Pusip Jakpus

Suryanto menjelaskan, pelaksanan IKRA dibagi dalam beberapa triwulan, satu triwulan melibatkan 25 kelurahan yang tersebar di lima wilayah kota administrasi.

"Setiap kelurahan ditargetkan 40 KK menjadi partisipan IKRA," terangnya.

Menurut Suryanto, IKRA dilaksanakan untuk meningkatkan dan mempertahankan minat membaca di masyarakat, khususnya keluarga. Terlebih, perpustakaan belum diperbolehkan untuk dikunjungi karena situasi pandemi.

Melalui IKRA ini, sambungnya, buku yang akan mendatangi keluarga. Sebab, Dispusip melalui kader PKK yang akan mendistribusikan buku supaya masyarakat tetap bisa menghasilkan ide gagasan dari bacaannya.  

"Buku yang didistribusikan berkisar antara 600 sampai 1.000 eksemplar untuk masing-masing wilayah kota administrasi," ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam IKRA ini perlu inisiatif keluarga yang menginisiasi menjadi juru baca. Harapannya, ketika membaca buku ada ide atau karya yang muncul dari hasil baca tersebut.

"Seminim apapun, ide gagasan dan karyanya bisa ditularkan dan diinformasikan ke keluarganya. Keluarga yang berpartisipasi dalam kegiatan IKRA ini akan mendapatkan apresiasi berupa e-Sertifikat keikutsertaan IKRA dan kartu elektronik keanggotaan perpustakaan umum," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4552 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3932 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3747 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3725 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3676 personAnita Karyati