You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Melihat Simulasi Bencana Gempa di Posko Tagana Jakut
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Melihat Simulasi Bencana Gempa di Posko Tagana Jakut

Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Utara menggelar simulasi bencana gempa yang berlangsung di Posko Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jakarta Utara di Jl Kramat Jaya Raya, Tugu Utara, Koja. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April.

Simulasi ini memberikan pengertian bahwa masyarakat jangan panik apabila terjadi gempa. Justru sebaliknya harus siap siaga,

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana), Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Rohman mengatakan, simulasi ini menekankan pada upaya penyelamatan diri secara mandiri ketika terjadi bencana gempa bumi. Kegiatan simulasi diikuti 13 peserta yang terdiri dari petugas Tagana dan Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB).

"Simulasi ini memberikan pengertian bahwa masyarakat jangan panik apabila terjadi gempa. Justru sebaliknya harus siap siaga," ujarnya, Senin (26/4).

Pemprov DKI Siaga Hadapi Musim Hujan, Sejumlah Mitigasi Bencana Diterapkan

Rohman menjelaskan, simulasi menceritakan penyelamatan di dalam gedung berlantai tinggi yang diawali dengan dibunyikannya sirine gempa. Setiap peserta diminta untuk melakukan penyelamatan diri dengan cara menutupi kepala menggunakan barang seadanya termasuk berlindung di kolong meja atau bersandar pada tembok.

Setelah gempa berakhir, setiap peserta diarahkan untuk turun dari gedung menuju titik kumpul melewati tangga darurat sambil tetap menutupi kepala. Peserta kembali diarahkan menjauh dari gedung untuk menghindari gedung runtuh karena gempa susulan.

"Dalam simulasi ini, petugas juga turut mengecek peralatan kesiapsiagaan bencana yang akan digunakan apabila bencana terjadi di Jakarta Utara," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye6246 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3353 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3257 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3200 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3084 personNurito