Kolaborasi Dinkes DKI Jakarta dengan Pro Sehat dan Botika, Optimalkan Posko Jakarta Tanggap COVID-19
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Salah satunya, mendirikan Posko Jakarta Tanggap COVID-19 sebagai layanan informasi bagi warga seputar keterpaparan virus ini.
Kerja sama ini hadir dalam bentuk fitur Chatbot WhatsApp di Posko Jakarta Tanggap COVID-19.
Untuk mengoptimalkannya, Dinkes DKI Jakarta berkolaborasi dengan Pro Sehat dan Botika dalam memberikan layanan informasi tersebut. Pro Sehat merupakan salah satu platform digital kesehatan di Indonesia. Sedangkan, Botika adalah perusahaan yang bergerak di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence) anak negeri.
Kerja sama ini hadir dalam bentuk fitur Chatbot WhatsApp di Posko Jakarta Tanggap COVID-19. Warga Jakarta yang ingin mengakses Chatbot dapat menghubungi WhatsApp Posko Jakarta Tanggap COVID-19 pada nomor 0813-883-76-955.
Dinas Kesehatan DKI Buat Inovasi Layanan Kesehatan Melalui Chatbot"Layanan Chatbot WhatsApp pastinya lebih memudahkan warga Jakarta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait COVID-19. Terlebih, pada era teknologi seperti saat ini. Kami berharap warga bisa memanfaatkannya, sehingga lebih memahami terkait wabah COVID-19," ungkap Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Minggu (2/5).
Adapun rincian informasi yang ditawarkan pada layanan ini, antara lain:
1. Skrining dan Rapid Test COVID-19
2. Informasi Pemeriksaan Swab
3. Info RS Rujukan
4. Manajemen Pasien (Khusus Faskes dan Tenaga Kesehatan)
5. Konsultasi Chat Dokter (Pro Sehat)
6. Pertanyaan lainnya (Posko Dinkes DKI Jakarta)
Bagi warga yang membutuhkan informasi seputar COVID-19 di Jakarta akan dilayani langsung oleh Tim Posko Dinkes DKI Jakarta. Selain itu, warga juga bisa mendapatkan layanan penapisan COVID-19, termasuk berkonsultasi dengan Dokter Pro Sehat secara langsung melalui live chat, fitur tersebut memungkinkan para pengguna berkonsultasi langsung dengan dokter tanpa harus keluar rumah.
Untuk layanan Chatbot dengan fitur penapisan COVID-19, cara kerjanya dimulai dengan sistem memberikan pertanyaan umum terkait gejala. Setelah semua pertanyaan terkait gejala terjawab, pengguna aplikasi akan mendapatkan hasil penapisan, dan mendapatkan saran lebih lanjut. Melalui Chatbot WhatsApp, pengguna aplikasi juga dapat mengetahui lokasi rumah sakit rujukan terdekat melalui sharing location via WhatsApp.
Selain fitur Chatbot tersebut, warga juga dapat menghubungi nomor kontak 112 dan 119 untuk mendapatkan bantuan terkait COVID-19. Layanan nomor posko 0813-883-76-955 dan 0811-12-112-112 juga dapat dihubungi lewat telepon langsung maupun WhatsApp. Saat ini, sudah ratusan ribu pesan masuk ke nomor Posko Jakarta Tanggap COVID-19 di bawah Command Center yang beroperasi selama 24 jam setiap harinya.
"Kami di Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berkomitmen terus memperkuat 3T (Testing, Tracing, Treatment) dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19. Kami juga kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk semakin giat meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat, serta selalu menerapkan 3M (memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak minimal satu meter) saat kita sedang berada di luar rumah dan saat sedang berinteraksi dengan orang lain. Hindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas di luar rumah," pungkas Widyastuti.