You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tanaman Bunga Matahari Jadi Daya Tarik di TMB Rotanusa
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Bunga Matahari Jadi Ciri Khas TMB Rotanusa

Ribuan pohon bunga matahari dibudidayakan di Taman Maju Bersama (TMB) Rotanusa Jalan Rorotan IX, RT 01/07, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Banyaknya bunga matahari tersebut menjadi ciri khas tersendiri TMB Rotanusa.

Sampai mekar memerlukan waktu sekitar lima bulan

Salah seorang petugas Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) di TMB Rotanusa, Iwan mengatakan, taman selesai dibangun pada akhir 2019. Taman ini memiliki luas sekitar 1,1 hektar dan sebagian besar lahan taman ditanami pohon bunga matahari. 

"Sehari-hari perawatan tanaman bunga matahari dilakukan oleh lima personel petugas PJLP Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta," ujarnya, Senin (7/6).

Pemkot Jakut Tanam Buah dan Sayuran di BPP Sukapura

Ia menambahkan, bunga matahari merupakan tanaman yang tahan kering dan panas. Namun demikian, bunga ini masih tetap membutuhkan penyiraman yang sering.

"Bibit bunga matahari harus disiram setiap hari supaya tanah lembap. Ketika bunga matahari tumbuh subur, maka cukup disiram seminggu sekali. Mulai pembibitan sampai bunga mekar itu memerlukan waktu sekitar lima bulan," ungkapnya. 

Iwan menjelaskan, meski TMB Rotanusa belum bisa dikunjungi masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, perawatan rutin tetap terus dilakukan sebagaimana biasa.

"Kita jaga dan rawat semua yang ada di TMB Rotanusa, khususnya tanaman-tanaman atau pohon yang ada agar tetap tumbuh dengan baik," terangnya.

Sementara itu Lurah Rorotan, Idham Mugabe menuturkan, adanya bunga matahari yang tumbuh cantik dan rimbun di TMB Rotanusa bisa menjadi daya tarik wisata sekaligus spot foto yang menarik.

"Kita berharap pandemi COVID-19 segera berakhir agar masyarakat, khususnya warga Rorotan tak hanya bisa memanfaatkan TMB Rotanusa sebagai sarana rekreasi, tapi juga olahraga dan tempat berkumpul," ucapnya.

Menurutnya, sesuai dengan konsepnya, TMB Rotanusa dibangun dengan kolaborasi bersama masyarakat sekitar mulai dari perencanaan, penamaan dan penggunaannya. 

"Kita ingin warga atau pengunjung punya kesadaran untuk bersama-sama menjaga dan merawat semua fasilitas yang ada di TMB Rotanusa dengan baik," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3509 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3102 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2507 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2490 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2423 personFolmer