You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
17 PJLP Dikerahkan Sudin KPKP Jaksel Rawat Agro Edukasi Wisata Ragunan
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Yuk, Bersantai Sambil Belajar Bercocoktanam di AEW Ragunan

Anda suka bercocok tanam dan ingin mengetahui aneka jenis tanaman serta cara merawatnya? Silakan datang ke kawasan Agro Edukasi Wisata (AEW) Ragunan, Jalan Poncol, Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kami juga menyediakan benih tanaman untuk diberikan pada kelompok atau warga secara gratis,

Di areal seluas dua hektar yang dikelola Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan ini, Anda bisa belajar sekaligus menikmati sejuknya rimbunan pohon. Bahkan, bisa juga berolahraga karena di sana tersedia jogging track.    

Menurut koordinator AEW Ragunan, Oerip Sarifudin, pasca dilakukannya revitalisasi selama sebulan oleh CSR, pada Desember 2020 lalu, AEW Ragunan kini jadi lebih tertata rapi. Di lokasi ini sekarang ada pengelompokan jenis tanaman serta perlintasannya dan jogging track.  

Dinas KPKP Luncurkan Akademi Urban Farming

"Dulu sebelum direvitalisasi tanaman ditanam secara konvensional artinya acak tidak dibuat pengelompokan. Sekarang, setelah direvitalisasi lebih bagus dan tertata rapi dan jadi tempat edukasi wisata bercocok tanam," ujarnya, Selasa (8/6).

Ditambahkan Oerip, di lahan AEW seluas dua hektar ini ditanam sekitar 120 lebih jenis tanaman. Untuk tanaman produktif ada 25 jenis seperti  durian, mangga, nangka, pisang, alpukat, jeruk bali, klengkeng dan lainnya. Kemudian, 10 jenis sayuran daun, seperti kangkung, bayam, pakcoy, sawi, selada, kaylan dan lainnya.

Di sana ditanam juga sayuran buah, seperti terong, cabe, tomat, kacang panjang, timun, pare dan oyong. Selanjutnya 60 jenis tanaman toga, angrek, mawar dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula 15 jenis buah buahan langka, seperti lobi lobi, buni, gandaria, bisbul, matoa, rukam dan lainnya.

"Di sini juga dikembangkan berbagai jenis hewan peliharaan seperti ikan mujair, nila, lele, sapi, ayam dan kelinci," tuturnya.

Dengan banyaknya berbagai jenis tanaman, lanjut Oerip, AEW sangat cocok untuk jadi alternatif liburan di akhir pekan bagi warga untuk memahami urban farming dan peternakan dengan konsep ramah lingkungan.

"Kami juga menyediakan benih tanaman untuk diberikan pada kelompok atau warga secara gratis," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur : Jadikan Momen Lebaran untuk Bersyukur dan Pererat Persaudaraan

    access_time10-04-2024 remove_red_eye5310 personFolmer
  2. Pesan Idulfitri Uus untuk Aparatur Pemkot Jakbar

    access_time10-04-2024 remove_red_eye4589 personTP Moan Simanjuntak
  3. Joko Agus Ingatkan Pentingnya Persaudaraan dan Kepedulian Sosial

    access_time10-04-2024 remove_red_eye4526 personFolmer
  4. Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time11-04-2024 remove_red_eye4304 personTP Moan Simanjuntak
  5. 41.707 Pemudik Berangkat Gunakan KAJJ Hari Ini

    access_time11-04-2024 remove_red_eye4044 personAldi Geri Lumban Tobing