You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Wali Kota Jakpus Minta OPD Masif Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Urban Farming

Dhany Minta Pemanfaatan Lahan Kosong untuk Urban Farming Lebih Dimasifkan


Reporter: Folmer
Editor: Budhy Tristanto

10 Juni 2021 20:32 WIB | Dibaca 642 X

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, menginstruksikan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) memanfaatkan lahan kosong aset milik pemerintah untuk aktivitas urban farming, guna mewujudkan ketahanan pangan perkotaan.

Ia mengungkapkan, Sudin KPKP dapat menanam sejumlah tanaman di antaranya cabai, bawang serta tanaman hidroponik jenis lainnya pada sejumlah lahan aset Pemda yang sudah ditertibkan dan dikosongkan.

"Daripada lahan aset Pemda yang sudah ditertibkan dan dikosongkan tidak terurus dan terawat, saya instruksikan jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) memanfaatkannya menjadi lahan pertanian perkotaan,," ujar Dhany, Kamis (10/6).

Kepala Seksi (Kasie) Sudin KPKP Jakarta Pusat, Astri Ilhamsyah mengungkapkan, pihaknya siap menindaklanjuti instruksi wali kota Jakarta Pusat berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah lainnya.

"Prinsipnya kami siap memanfaatkan lahan kosong menjadi pertanian perkotaan sesuai desain penataan yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah memanfaatkan sejumlah aset lahan kosong  di Jakarta Pusat yang merupakan aset Pemprov DKI dan pemerintah pusat menjadi urban farming dengan menanam tanaman hidroponik dan budidaya ikan.

"Lahan kosong yang sudah dimanfaatkan di antaranya di depan Rusunami Grand Pramuka dan Kebon Kosong," ungkapnya.