You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
30 Bangunan di Krukut Dibongkar Petugas
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Bikin Kumuh, 30 Bangunan di Krukut Dibongkar

Sebanyak 30 lebih bangunan liar di sepanjang Jalan Keutamaan dan Kebahagian, Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, dibongkar petugas. Penertiban dilakukan karena selama ini lahan ditempati para pedagang, dan nantinya akan dikembalikan fungsinya menjadi taman. Dengan dibongkarnya bangunan tersebut, juga akan memudahkan petugas untuk melakukan normalisasi saluran.

Saya sadar kalau tempat saya berjualan salah, berada di jalur taman

Lurah Krukut, Edi Hasan mengatakan, penertiban bangunan liar yang umumnya dijadikan sebagai warung itu dilakukan karena keberadaannya sudah membuat kawasan tersebut jadi kumuh. Selain itu, keberadaan lapak para pedagang juga berdiri di jalur taman. Akibatnya, menyulitkan petugas untuk melakukan normalisasi saluran mengingat kawasan tersebut rawan tergenang air saat musim hujan.

“Keberadaan bangunan liar tersebut sudah cukup lama dan membuat kawasan tersebut jadi tampak kumuh, serta menyulitkan petugas untuk melakukan normalisasi saluran. Untuk itu agar tertib dan indah, maka kami bongkar,” ujar Edi, Selasa (24/3).

Belasan Warung & Gerobak di Gondangdia Ditertibkan

Sebelum melakukan pembongkaran yang dilakukan sekitar 25 petugas Satpol PP, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi pada pemilik warung agar segera membongkar sendiri bangunannya. Namun, karena tetap membandel akhirnya dibongkar paksa petugas.

“Sebelumnya juga sudah ada pemilik lapak yang membongkar sendiri lapaknya. Pembongkaran berjalan kondusif,” ucap Edi.

Pasca pembongkaran, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, Sudin Bina Marga, Sudin PU Tata Air dan Sudin Pertamanan dan Pemakaman untuk segera melakukan pengerukan saluran dan memperbaiki jalan pada dua titik tersebut yang banyak mengalami kerusakan.

“Untuk Sudin Pertamanan dan Pemakaman kami meminta agar segera dilakukan penataan, dibuat taman hingga kawasan tersebut jadi indah dan asri,” kata Edi.

Suryani (42) pemilik warung nasi yang dibongkar menuturkan, dirinya sudah berdagang di Jalan Kebahagian selama lima tahun. Dia menempati lahan tersebut karena saat itu kosong dan lokasinya strategis.

“Saya sih iklas saja, karena memang sudah diberitahu oleh pihak kelurahan. Saya sadar kalau tempat saya berjualan salah, berada di jalur taman,” tandas Suryani.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1226 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1151 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1126 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1059 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1040 personAldi Geri Lumban Tobing