You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Gelar Vaksinasi COVID-19 Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen memberikan vaksinasi COVID-19 kepada siapapun dengan kondisi kesehatan dan usia yang sesuai ketentuan untuk divaksin. Tak terkecuali, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan masyarakat marginal, agar kekebalan komunitas (herd immunity) di Jakarta semakin cepat tercapai.

Ada 389 orang yang sudah divaksin

Vaksinasi COVID-19 bagi kelompok ini digelar atas kolaborasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, dan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, menyampaikan, vaksinasi tersebut dilakukan secara berkala sejak pertengahan Agustus lalu.

“Vaksinasi ini berlaku untuk PMKS dan masyarakat marginal, beserta keluarga mereka. Melalui kerja sama lintas Organisasi Perangkat Daerah bersama kolaborator dalam penyelenggaraan vaksinasi, setidaknya ada 389 orang dari kelompok ini yang sudah divaksin. Selain itu, layanan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat marginal juga diberikan oleh Puskesmas wilayah setempat yang telah mulai dilaksanakan sejak bulan Mei 2021,” terangnya di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (7/9), seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Kelurahan Sukabumi Utara Gelar Vaksinasi Door to Door

Di samping itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari menambahkan, total masyarakat PMKS yang menjadi binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di DKI Jakarta ada 2.163 orang. Premi menyebut, pihaknya akan terus mendukung adanya program vaksinasi bagi PMKS dan masyarakat marginal, agar peluang tertular COVID-19 semakin kecil.

“Kami berupaya mendorong apa yang menjadi bagian dari Dinas Sosial untuk menyukseskan program vaksinasi ini. Adapun pendataan untuk keikutsertaan vaksinasi bagi PMKS dan masyarakat marginal dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan mencocokkannya dengan data kependudukan di Dinas Dukcapil,” ungkap Premi di Kantor Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (7/9).

Lebih lanjut, Premi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ini ada yang dilakukan dengan vaksinator mendatangi langsung tempat tinggal mereka, seperti yang berlangsung di daerah Mangga Ubi, Jakarta Barat. Lalu, ada pula yang bekerja sama dengan Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk membawa dan menjemput para PMKS dan warga marginal ke lokasi vaksin di Pasar Ikan Modern, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Sementara itu, di Jakarta Timur, vaksinasi dilakukan di lokasi kampung pemulung di Rawa Terate.

“Kami akan terus berkoordinasi bersama Dinkes dan Dishub, serta OPD lainnya untuk mempermudah pelaksanaan vaksinasi. Ke depan, pelaksanaan vaksinasi akan diupayakan lebih dekat dengan tempat tinggal/tempat aktivitas kelompok tertentu tersebut," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9133 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7919 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6722 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6454 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6420 personAldi Geri Lumban Tobing