You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Puskesmas Kelurahan Halim Perdanakusuma 1 Juara IKS Tingkat Nasional 2
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Puskesmas Kelurahan Halim Perdanakusuma 1 Juara IKS Tingkat Nasional

Puskesmas Kelurahan Halim Perdanakusuma 1, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur berhasil meraih juara nasional dalam lomba lndeks Keluarga Sehat (IKS) periode September 2021 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Penghargaan luar biasa

Kepala Puskesmas Kelurahan Halim Perdanakusuma 1, Aminah Fitria mengatakan, perolehan juara nasional IKS ini tidak lepas dari peranan lintas sektor. Tidak hanya dari sumber daya manusia (SDM) puskesmas yang berjumlah 16 orang, namun juga ada peran kelurahan, kecamatan, Danlanud Halim Perdanakusuma dan unsur masyarakat yang mendukung kegiatan puskesmas.

"Ini suatu penghargaan luar biasa. Tentunya kami juga merasa senang atas apresiasi yang tak disangka-sangka ini. Kami juga ucapkan terima kasih dan apresiasi pada pemerintah pusat yang menghargai kerja kami," ujarnya, Selasa (16/11).

Nakes dan Puskesmas di Jakut Diberi Penghargaan

Ia berharap, dengan raihan penghargaan ini dapat terus memotivasi seluruh pegawai dan karyawan di Puskesmas Kelurahan Halim Perdanakusuma 1 untuk bekerja lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

"Kita harus dapat lebih meningkatan kualitas atau mutu layanan dan lebih inovatif lagi dalam memberikan layanan agar semakin memudahkan warga," terangnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Kecamatan Makasar, Fiena Fithriah menuturkan,  penghargaan tersebut diberikan dalam kategori Capaian IKS tertinggi tingkat provinsi dan tingkat nasional dengan karakteristik perkotaan.

"Alhamdulillah, Puskesmas Kelurahan Halim Perdanakusuma 1 mendapatkan penilaian yang terbaik dalam lomba IKS tingkat nasional. Penghargaan ini menambah semangat kami untuk melayani masyarakat sebaik mungkin. agar tingkat kesehatan masyarakat bisa lebih baik lagi," ungkapnya.

Menurutnya, dalam lomba IKS ini  tercatat ada 102 puskesmas yang  masuk kategori penilaian, baik indeks di daerah perkotaan maupun pedesaan.

Dalam pendataan ke masyarakat mencakup 12 indikator yakni,.keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB), ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap. Kemudian bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif, balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan, penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar. Selain itu, penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur.

"Indikator lainnya meliputi, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan, anggota keluarga tidak ada yang merokok. Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), keluarga mempunyai akses sarana air bersih dan keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat," urainya.

Sementara itu, Camat Makasar, Kamal Alatas sangat berterimakasih dan mengapresiasi pada semua pihak yang telah mendukung pendataan IKS oleh Puskesmas Kelurahan Halim Perdanakusuma 1. Sehingga, puskesmas ini meraih juara IKS tingkat nasional.

"Puskesmas ini melayani kesehatan warga yang ada di Kompleks Halim Perdanakusuma meliputi, RW 01, 02, 03, 04, 09 sampai dengan RW 16. Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi pada semua pihak yang mendukung lomba IKS ini, khususnya pihak Danlanud Halim Perdanakusuma yang telah memberikan kesempatan pada puskesmas untuk melakukan kunjungan dan pendataan ke warga secara door to door," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time11-04-2024 remove_red_eye5806 personTP Moan Simanjuntak
  2. 41.707 Pemudik Berangkat Gunakan KAJJ Hari Ini

    access_time11-04-2024 remove_red_eye5464 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 53 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Ancol di Hari Kedua Lebaran

    access_time11-04-2024 remove_red_eye4719 personFolmer
  4. Hari Kedua Lebaran, TPU Tegal Alur Masih Dipadati Peziarah

    access_time11-04-2024 remove_red_eye4623 personTP Moan Simanjuntak
  5. HUT ke-63, Bank DKI Berkomitmen Tumbuh Bersama Kota Jakarta

    access_time12-04-2024 remove_red_eye4492 personBudhi Firmansyah Surapati