You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ini Pemenang Lomba Rooftop Garden se-DKI Jakarta Tahun 2021
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Ini Pemenang Lomba Rooftop Garden se-DKI Jakarta Tahun 2021

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengumumkan lima pemenang lomba Foto Rooftop Garden se-DKI Jakarta Tahun 2021.

Seluruh peserta kami harapkan dapat menjadi inspirasi

Para pemenang tersebut yakni, Juara 1 diraih Rosalinde Margaretha dengan akun Instagram (IG) dakphoniqu; Juara 2  Angga Diandry (IG: anggarannya); Juara 3 Musholla Nurul Iman (IG: chaerulmuntaco); Juara 4 Annie Garden (IG: annie_garden88); dan Juara 5 dimenangkan Triyono (IG: tri_gotrek41).

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, lomba foto yang menggunakan benih cap Panah Merah merupakan ajang bagi penggiat pertanian perkotaan (urban farming) yang memiliki rooftop garden/rooftop farming baik perseorangan atau kelompok yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Yuk..Segera Daftar Lomba Foto Rooftop Garden Berhadiah Total Belasan Juta Rupiah

"Pelaksanaan lomba ini bertujuan  meningkatkan dan menyebarkan semangat urban farming masyarakat Jakarta dengan memanfaatkan rooftop untuk meningkatkan ketahanan pangan serta pendapatan keluarga dan kelompok," ujarnya, Jumat (7/1).

Eli menjelaskan, urban farming atau pertanian perkotaan adalah salah satu kegiatan bercocok tanam di lahan sempit, yang identik dengan wilayah perkotaan. Kegiatan urban farming kini mejadi salah satu upaya untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga yang juga merupakan salah satu upaya menjaga ketahanan pangan.

"Aktivitas urban farming yang biasanya di pekarangan, juga bisa diaplikasikan di atap atau rooftop. Oleh karena itu dalam upaya peningkatan ketahanan pangan masyarakat urban, kita berkolaborasi dengan PT East West Seed Indonesia dan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta mengadakan Lomba Foto Rooftop Garden se-DKI Jakarta," terangnya.

Eli mengapresiasi PT East West Indonesia sebagai produsen benih cap Panah Merah dan Baznas Bazis DKI yang telah berkolaborasi pada kegiatan Lomba Foto Rooftop Garden se-DKI Jakarta Tahun 2021.

Apresiasi khusus juga disampaikan kepada para peserta lomba yang terus bersemangat memanfaatkan ruang di atas rumah atau bangunan untuk budidaya pertanian, baik secara hidroponik, aquaponik, potisasi maupun polybag. Hal ini tentunya ikut mendorong pengembangan pertanian di DKI Jakarta.  

"Seluruh peserta kami harapkan dapat memberikan inspirasi masyarakat lainnya. Sehingga semakin banyak masyarakat kota yang berpartisipasi dan  berinovasi dalam pemanfaatan lahan atau ruang untuk menanam sayuran, buah buahan, tanaman toga, atau tanaman lainnya di atap rumah/bangunannya," ungkapnya.

Eli berharap, kegiatan lomba kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan bisa menjadi agenda rutin tahunan di Provinsi DKI Jakarta sehingga bisa menjadi penyemangat untuk terus bersama mengembangkan pertanian di Jakarta.

"Terus tingkatkan kualitas hasil budi daya pertaniannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga, kelompok dan masyarakat," ucapnya.

Juara 1 lomba Foto Rooftop Garden se-DKI Jakarta Tahun 2021, Rosalinde Margaretha mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas digelarnya lomba ini.

Menurutnya, lomba menanam di rooftop ini bisa menjalin silaturahmi dan bertukar pengalaman dengan sesama penggiat urban farming dan terus memberikan semangat demi menghijaukan bumi.

"Sungguh anugerah yang luar biasa saya bisa menjuarai perlombaan menanam di rooftop. Tetap semangat, tetap menanam, tetap berteman, tetap bahagia. Mari menanam tanpa batas," tandasnya.

Sementara itu, Triyono, anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspamres) yang menjadi Juara Harapan II mengaku bersyukur karena dari hobi yang ditekuninya bisa mendapatkan apresiasi dalam lomba ini.

"Alhamdulillah, terima kasih Dinas KPKP DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI Jakarta dan Panah Merah. Lomba ini hanya sebagai sarana penyemangat kita dalam berkebun. Semoga ke depan kita semua bisa terus berkembang memajukan pertanian di DKI Jakarta," tandasnya.

Untuk diketahui, berikut adalah hadiah bagi pemenang lomba Rooftop Garden se-DKI Jakarta Tahun 2021;

Juara 1 Uang tunai Rp 3.000.000, paket benih, peralatan kebun senilai Rp 1.500.000 dan voucher belanja e-commerce senilai Rp 750.000

Juara 2

Uang tunai Rp 2.500.000, paket benih, peralatan kebun senilai Rp 750.000 dan voucher belanja e-commerce senilai Rp 600.000

Juara 3

Uang tunai Rp 2.000.000, paket benih, peralatan kebun senilai Rp 500.000 dan voucher belanja e-commerce senilai Rp 350.000

Juara 4

Uang tunai Rp 1.000.000, paket benih senilai Rp 300.000 dan Voucher belanja e-commerce Rp 300.000

Juara 5

Uang tunai Rp 1.000.000, paket benih senilai Rp 200.000 dan voucher belanja e-commerce Rp 250.000

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4453 personNurito
  2. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3806 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3800 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3639 personFolmer
  5. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2697 personAnita Karyati