You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Jakarta Utara Minim Tempat Penampungan Sampah
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Jakut Minim Tempat Pembuangan Sampah

Tingginya volume sampah yang dihasilkan di Jakarta Utara, rupanya belum sebanding dengan ketersediaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di wilayah itu. Alhasil, tumpukan sampah pun kerap terlihat di sejumlah lokasi.

Bahkan ada Kelurahan, seperti Kelapa Gading Timur tidak memiliki TPS. Dampaknya sejumlah lokasi menjadi rawan titik pembuangan sampah

Saat ini, Jakarta Utara hanya memiliki 95 TPS dan 14 depo sampah untuk menampung sekitar 1.340 ton sampah per hari. Karena minimnya keberadaan TPS, menyebabkan wilajan Jakarta Utara rawan akan lokasi pembuangan sampah. Saat ini saja setidaknya ada sekitar 125 lokasi rawan pembuangan sampah. Diantaranya, sepanjang Jl Cilincing Raya, Jl Plumpang Raya dan Kolong Tol Wiyoto Wiyono di wilayah Kecamatan Tanjung Priuk.

Kepala Sudin Kebersihan Jakarta Utara, Bondan Diah Ekowati mengatakan, idealnya di seluruh wilayah Jakarta Utara terdapat sebanyak 150 TPS.

Cipayung Butuh TPS

"Bahkan ada Kelurahan, seperti Kelapa Gading Timur tidak memiliki TPS. Dampaknya sejumlah lokasi menjadi rawan titik pembuangan sampah," ujar Bondan, Kamis (9/4).

Kondisi demikian makin diperparah dengan ketersediaan jumlah truk pengangkut sampah yang memadai. Saat ini, dari kebutuhan 287 truk, baru sebanyak 187 yang tersedia.

Untuk mengantisipasi lokasi rawan pembuangan sampah, Bondan mengaku sudah memasang papan larangan membuang sampah dan melakukan pengawasan. Pihaknya juga terpaksa mengoptimalkan pola pengangkutan sampah dengan mengadakan dua kali pengangkutan dalam satu hari.

Ke depan, Bondan mangaku siap membeli lahan untuk dijadikan TPS. "Tapi kewenangan untuk mencari lahan bagi TPS menjadi ranah camat dan lurah. Prinsipnya, begitu ada lahan yang siap, kita beli," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi mengaku sudah memerintahkan jajaran camat dan lurah untuk mencari lahan yang akan digunakan untuk TPS.

"Memang saat ini sampah masih menjadi persoalan di Jakarta Utara. Saya sudah meminta camat dan lurah mencari lahan agar bisa dibeli oleh Sudin Kebersihan dan dijadikan TPS," katanya

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye4547 personTP Moan Simanjuntak
  2. Pj Gubernur Buka Secara Resmi Pameran Flona 2024

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1941 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Petugas Gabungan Tangani Longsor Tebing Tol di Jalan Mulia Bhakti

    access_time06-07-2024 remove_red_eye1642 personTiyo Surya Sakti
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1230 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye975 personTiyo Surya Sakti