You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ratusan Beton Penutup Saluran Dibongkar di Tegal Alur
.
photo doc - Beritajakarta.id

138 Beton Penutup Saluran di Tegal Alur Dibongkar

Sebanyak 138 beton penutup saluran di wilayah RW 10, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, dibongkar petugas bersama warga, Senin (13/4). Pembongkaran dilakukan untuk membersihkan saluran dan sampah yang menyumbat saluran.

Selama ini hujan deras atau musim hujan hampir seluruh wilayah RW 10, Kelurahan Tegal Alur tergenang. Hal itu karena saluran yang tidak berfungsi karena tersumbat oleh sampah atau dangkal oleh lumpur

Lurah Tegal Alur, Anik Sulastri mengatakan, pembongkaran beton penutup saluran terpaksa dilakukan karena jadi penyebab banjir di wilayah RW tersebut. “Selama ini hujan deras atau musim hujan hampir seluruh wilayah RW 10, Kelurahan Tegal Alur tergenang. Hal itu karena saluran yang tidak berfungsi tersumbat oleh sampah atau dangkal oleh lumpur,” ujar Anik, Senin (13/4).

Pihaknya, kata Anik, sudah sering melakukan sosialisasi pada warga yang hendak menutup saluran agar tidak dibuat secara permanen.

15 Ton Sampah Dikeruk dari Jl Ancol Barat 1

“Sesuai aturan penutupan saluran harus dibuat dengan cara blok-blok yang dapat diangkat bila saluran hendak dibersihkan. Tapi, nyatanya banyak warga yang menutupnya dengan cara dicor permanen hingga terpaksa kami bongkar,” ucap Anik.

Diharapkan, dengan pembongkaran penutup saluran tersebut dan dibersihkannya saluran dapat menimalisir genangan yang terjadi.

Rusli (52), warga RT 03/10, Kelurahan Tegal Alur mengatakan, selama ini tidak tahu adanya aturan kalau saluran tidak boleh ditutup secara permanen.

“Saya tidak tahu kalau ada aturan tersebut makanya saluran saya cor. Tapi, nantinya akan saya tutup lagi dengan blok-blok yang dapat dibuka dan ditutup,” katanya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1226 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1146 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1126 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1059 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1024 personAldi Geri Lumban Tobing