You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
300 Personel Satpol PP Disiagakan Saat KTT Asia-Afrika
.
photo doc - Beritajakarta.id

1.702 Satpol Dikerahkan Bersihkan PKL

Sebanyak 1.702 personel Satpol PP dikerahkan untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang berlangsung di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015.

Ada tupoksi yang tidak bisa ditangani TNI dan polisi seperti PKL dan sebagainya. Kita bantu ‎tangani hal-hal seperti itu

Ribuan personel penegak peraturan daerah (perda) itu disebar untuk menyisir para pedagang kaki lima (PKL) mulai dari Bandara Soekarno Hatta, Halim Perdanakusuma, Jakarta Convention Center (JCC), hingga Istana Negara.

Kepala Satpol PP Provinsi DKI, Kukuh Hadi Santoso mengatakan, ‎selama KAA, para personelnya diminta ikut membantu menjaga situasi keamanan dan ketertiban di luar lokasi acara. Di antaranya hotel tempat penginapan tamu negara, jembatan penyeberangan orang (JPO), serta ruas jalan protokol yang dilalui para peserta KAA.

PNS DKI yang Tak Dukung KAA Terancam Sanksi

"Walaupun Satpol PP tidak dimasukkan dalam pengamanan dalam, selaku tuan rumah dan anak buah Gubernur, kita akan berbuat sebaik mungkin membantu TNI dan polisi di acara itu," katanya, Jumat (17/4).

‎Kukuh mengatakan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Satpol PP, di acara KAA, pihaknya akan menyisir keberadaan para PKL dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Termasuk juga menertibkan spanduk berisi‎ penolakan acara KAA dan spanduk liar yang melintang di jalan. "Ada tupoksi yang tidak bisa ditangani TNI dan polisi seperti PKL dan sebagainya. Kita bantu ‎tangani hal-hal seperti itu," jelasnya.

‎Ia menjelaskan, para personel tersebut akan ditugaskan mensterilkan PKL dan PMKS di sepanjang rute perjalanan para peserta KAA, mulai dari bandara, JCC sampai dengan ke Istana Negara. Di setiap JPO, pihaknya juga menugaskan‎ sebanyak tiga personel untuk mengantisipasi kerumunan orang, PKL, dan PMKS.

‎"Di JPO-JPO itu kita tempatkan tiga orang. Takut nanti pas presiden mana lewat dilempar sesuatu dari atas. Hal-hal seperti itu kan perlu diantisipasi. Kita sudah mulai sterilisasi sejak minggu yang lalu," ucapnya.

Dia menambahkan, Satpol PP juga diminta menjadi pasukan Bala Krama yang ditugaskan menyambut para tamu negara di bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma dengan mengenakan seragam tentara kerajaan. "Jadi nanti kita seperti Pagar Bagus, diberi tugas menyambut presiden dan delegasi di bandara," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1158 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1114 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito