You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wanita Usia Subur Rawan Terkena Kanker Rahim
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Puskesmas di DKI Layani Pemeriksaan Kanker Rahim

Wanita usia subur, antara 15-40 tahun, rawan menderita kanker rahim. Di Jakarta Timur, sejak 2009 hingga 2015 sekitar 25 ribu wanita diperiksa melalui IVA (Inspeksi Visual dengan Asam).

Deteksi dini kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA itu sangat penting bagi wania usia subur. Kita sudah berikan fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas gratis

Kasudin Kesehatan Jakarta Timur, Iwan Kurniawan mengatakan, salah faktor timbulnya penyakit kanker rahim adalah melalui hubungan seks bebas dan asupan makanan yang tidak sehat.

"Deteksi dini kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA itu sangat penting bagi wania usia subur. Kita sudah berikan fasilitas pelayanan kesehatan di puskesmas gratis. Silakan warga periksa kanker rahim melalui pemeriksaan IVA di puskesmas terdekat," ujar Iwan Kurniawan, saat meninjau persiapan teleconference Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (DWP), Iriana Jokowi dengan Ketua DWP DKI Jakarta, Veronica Basuki T Purnama, di Puskesmas Jatinegara, Senin (20/4).

Enam Puskesmas di Jaksel Diusulkan Jadi RSUK

Disebutkan pada tahun 2014, tercatat ada 7.921 wanita yang diperiksa melalui IVA. Hasilnya 174 wanita di antaranya dinyatakan positif terkena kanker rahim. Mereka sudah ditangani langsung dengan cara terapi kriyo.

"Kanker rahim ini penyakit yang tidak menular. Namun penyakit ini cukup mematikan bagi penderitanya," imbuh Iwan Kurniawan.

Rencananya pada Selasa (21/4) besok akan dilakukan pemeriksaan kanker rahim melalui pemeriksaan IVA bagi 200 wanita. Bahkan pemeriksaan IVA ini serempak dilakukan di 11 provinsi di Indonesia. Rencananya akan dilakukan teleconference antara Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (DWP), Iriana Jokowi dengan Ketua DWP DKI Jakarta, Veronica Basuki T Purnama.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1124 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1110 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye996 personAldi Geri Lumban Tobing