You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jelang Idul Fitri, Gubernur Anies Tinjau Ketersediaan Stok Pangan di Pasar Induk Kramat Jati
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Jelang Idulfitri, Gubernur Anies Tinjau Ketersediaan Stok Pangan di Pasar Induk Kramat Jati

Menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan DKI Jakarta meninjau ketersediaan stok pangan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Rabu (27/4).

Ada penurunan harga juga untuk beberapa komoditas,

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, jumlah komoditas pangan strategis, seperti beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, cabai keriting, cabe rawit merah, bawang putih, bawang merah, gula pasir dan minyak goreng, dalam  kondisi cukup dan aman.

“Barusan tadi meninjau ketersediaan pangan menjelang lebaran di Pasar Induk Kramat Jati. Hasil peninjauan kali ini  terbukti bahwa kondisi ketersediaan komoditas pangan di Jakarta tercukupi. Ada penurunan harga juga untuk beberapa komoditas. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi pangan di Jakarta aman 5 hari menjelang Hari Raya Idulfitri,” ujar Gubernur Anies, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Munjirin Pimpin Pengawasan Pangan Terpadu di Pusat Perbelanjaan

Adapun penurunan harga pangan terjadi pada komoditas cabe merah keriting (12,96%), cabe merah TW (1,03%), cabe rawit merah (27,77%) dan bawang merah (0,90%). Selain itu, harga terpantau stabil untuk komoditas beras, daging sapi, telur ayam, gula pasir dan LPG 3 kg.

Lebih lanjut, Gubernur Anies menjelaskan sejumlah upaya Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga kestabilan ketersediaan dan harga pangan di Ibu Kota.

Pertama, pendistribusian pangan subsidi untuk masyarakat tertentu. Bahan pangan yang didistribusikan adalah beras 5 kg, daging sapi 1 kg, daging ayam 1 kg, susu UHT 24 kotak, ikan kembung 1 kg, telur setara 1 kg, dengan harga beli masyarakat Rp. 126.000, dengan jumlah penerima manfaat:

- Buruh : 49.234 orang,

- Guru honorer : 33.659 orang,

- Kader PKK : 15.215 orang,

- Lansia : 107.573 orang,

- PHL / PPSU : 51.436 orang,

- KJP : 816.690 orang,

- Disabilitas : 14.459 orang,

- Penghuni Rusun : 31.000 orang,

- KAJ : 10.993 orang.

Kedua, melalui kerja sama dengan BUMN, antara lain PT PPI untuk menyalurkan minyak goreng curah sebanyak 192.000 liter dengan harga sesuai HET (Rp. 14.000,- per liter) bagi pedagang dan pelaku usaha kecil di 12 lokasi pasar tradisional lingkup Perumda Pasar Jaya (Pasar Enjo, Pasar Tomang Barat, Pasar Tanah Abang, Pasar Grogol, Pasar Palmeriam, Pasar Rawamangun, Pasar Ciplak, Pasar Cibubur, Pasar Tebet, Pasar Pos Pongumben, Pasar Kelapa Gading, Pasar Santa) dan dengan BULOG Divre Jakarta Banten untuk penyediaan daging kerbau beku sebagai alternatif lain dari daging sapi.

Ketiga, memastikan ketersediaan pangan melalui optimalisasi BUMD dengan melakukan kerja sama antardaerah yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD Pangan (PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Dharma Jaya dan Perumda Pasar Jaya).

Keempat, optimasiliasi titik distribusi pangan yang dikelola Perumda Pasar Jaya di 5 kota dan 1 kabupaten. Kelima, melaksanakan kegiatan bazar pangan di tingkat kelurahan, kecamatan dan walikota.

Keenam, bekerja sama dengan Polda Metro Jaya terkait kegiatan pengawasan penyediaan serta pendistribusian pangan serta penegakan hukum terkait pelangggaran yang terjadi. Selain itu, ketujuh, berkoordinasi bersama Pemerintah Pusat terkait kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ketersediaan pasokan serta kestabilan harga, terutama saat menjelang Idulfitri 2022.

Untuk diketahui, masyarakat dapat memantau harga pangan setiap hari melalui:

- Info Pangan Jakarta (IPJ) atau fitur JakPangan di aplikasi JAKI. Info Pangan Jakarta memberikan informasi perkembangan harga pangan harian terhadap 37 komoditas dari 48 lokasi pasar.

- Website PT Food Station (www.foodstation.id) yang memberikan informasi tentang perkembangan harga beras dan stok di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

Perkembangan Inflasi Jakarta

Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jakarta terpantau melonjak seiring naiknya harga beberapa komoditas barang dan jasa. Kenaikan harga gas, emas, dan cabai merah mendorong inflasi di Jakarta pada level yang cukup tinggi yaitu 0,44%. Berbagai faktor yang mendorong inflasi antara lain, kenaikan harga gas LPG 12 kg yang menyesuaikan perkembangan harga minyak dan gas dunia, ketidakpastian ekonomi global mendorong harga emas berfluktuasi, keterbatasan pasokan cabai merah, dan meningkatnya konsumsi menjelang bulan Ramadan.

Namun, jika dilihat perbandingan inflasi Jakarta-Indonesia, pada bulan Maret 2022 (mtm), inflasi Jakarta sebesar 0,44% sedangkan Indonesia 0,66%. Untuk inflasi tahun kalender Januari 2022 - Maret 2022 (ytd), inflasi Jakarta sebesar 0,85% sedangkan Indonesia 1,20%. Sementara itu, untuk inflasi tahun ke tahun Maret 2021 - Maret 2022 (yoy), inflasi Jakarta sebesar 2,00% sedangkan Indonesia 2,64%.

Inflasi Jakarta pada tahun 2022 diprakirakan lebih tinggi dari tahun 2021, seiring membaiknya kondisi permintaan yang didorong aktivitas ekonomi yang lebih tinggi. Kendati demikian, inflasi diperkirakan tetap berada pada kisaran target sasaran inflasi yang telah ditetapkan yaitu 3% plus minus 1%.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye6028 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3127 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3039 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2984 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2761 personNurito