You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Masyarakat Diimbau Peduli Budaya Reog Ponorogo
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Masyarakat Diimbau Peduli Budaya Reog Ponorogo

Masyarakat ibu kota diimbau untuk ikut peduli dalam melestarikan kesenian daerah Reog Ponorogo. Apalagi grup reog asal DKI Jakarta beberapa kali menyabet gelar juara dalam ajang Festival Reog Nasional yang rutin digelar setiap tahunnya di Ponorogo, Jawa Timur.

Budaya re og ini mengajarkan nilai-nilai moral, diantaranya solidaritas, guyub, persatuan, kesetiaan, pengorbanan, keberanian dan lain-lain

"Budaya reog ini mengajarkan nilai-nilai moral, diantaranya solidaritas, guyub, persatuan, kesetiaan, pengorbanan, keberanian dan lain-lain. Di Jabodetabek tercatat ada 20 grup Reog Ponorogo," kata M Syaiful Jihad, Sekretaris Komunitas Reog Ponorogo, Sabtu (25/4).

Syaiful menjelaskan, untuk menyamakan persepsi sekaligus silaturahmi, pihaknya juga mengadakan pertemuan yang dihadiri puluhan tokoh dan pegiat Reog Ponorogo yang berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok. Pertemuan ini dilangsungkan di Taman Giri Lawu di Bintaro, Jakarta Selatan.

Sanggar Betawi Terancam Punah

"Tujuan komunitas ini adalah untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya serta memasyarakatkan Reog Ponorogo. Untuk itu kami berharap peran pemerintah, baik pusat maupun daerah, BUMN, BUMD maupun perusahaan swasta agar bersama-sama peduli budaya Reog Ponorogo ini," ujar Syaiful.

Pemilik Taman Giri Lawu sekaligus Pemerhati Sejarah Nusantara, Marius Gumono menambahkan, Reog Ponorogo memiliki keunikan sebagai salah satu warisan seni budaya kebanggaan Indonesia. Tidak hanya sebagai unsur seni budaya yang mempunyai nilai jual pariwisata yang tinggi.

Pertemuan ini dihadiri Ketua Dewan Pembina Komunitas yang juga Pimpinan Reog Puspo Budoyo, Suryo Mulyono atau yang biasa dipanggil Mbah Suryo, Ketua Komunitas yang juga Pimpinan Reog Bantar Angin, Suyatno, Wakil Ketua Komunitas Suparno Nojeng, Bendahara Komunitas Agus Kenthus, tokoh reog dari Jakarta Timur, Suparlan, tokoh reog Jakarta selatan Sutrisno Gondrong dan tokoh reog Bogor Suparman Dengkek.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1164 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1158 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1134 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito