You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dari 156 Bank Sampah di Jakbar, Yang Efektif Hanya 61
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Pengoperasian Bank Sampah Belum Maksimal

Upaya Pemkot Administrasi Jakarta Barat untuk menanggulangi volume sampah yang terus meningkat dengan cara membangun ratusan bank sampah, ternyata belum berjalan maksimal. Pasalnya, dari 156 bank sampah, hanya 61 bank sampah yang pengoperasiannya efektif.

Sampah rumah tangga juga bisa diolah menjadi kompos yang bernilai ekonomis

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat, Anggiat Togatorop menyebutkan, keberadaan bank sampah antara lain untuk memiminalisir volume sampah dengan melibatkan masyarakat. Caranya masyarakat dapat mengelolanya dengan melakukan 

program mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Pemkot Jakpus Ingin Bank Sampah Ada Hingga Tingkat RW

"Sampah rumah tangga juga bisa diolah menjadi kompos yang bernilai ekonomis," kata Anggiat, Selasa (28/4).

Menurut Anggiat, nasabah bank sampah itu sendiri juga akan memperoleh imbalan. Nantinya keuntungan sebesar 15-20 persen akan digunakan untuk operasional bank sampah.

Anggiat memberikan apresiasi atas efektifnya pengoperasian sejumlah bank sampah. Bank sampah itu antara lain yang berlokasi di Delima Putih di RW 03 Kelurahan Kosambi, Ciliber RW 04 Kelurahan Kedoya Utara dan Gria Resik di Rusun Kebersihan Bambu Larangan.

Terkait tidak efektifnya 95 bank sampah lainnya, Anggiat mengaku belum mengetahui faktor penyebabnya. Namun ia berjanji akan terus meningkatkan jumlah bank sampah serta mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengurangi volume sampah.

“Keberadaan bank sampah dibentuk secara swadaya, jadi tergantung masyarakatnya sendiri berjalan apa tidak. Tapi yang jelas kami akan upayakan yang tidak efektif tersebut jadi efektif. Karena semakin banyak bank sampah justru semakin baik untuk penanganan sampah di Jakarta Barat,” tandas Anggiat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1534 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1513 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1118 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kadishub Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Layanan Transjakarta Setelah MRT Fase 2A Selesai

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1076 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Semarak Christmas Carol di Jakarta Sambut Natal

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1040 personDessy Suciati