You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 40 Siswa Ikuti Workshop Food Photography dan Pembuatan Comic Strip
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Luncurkan Dapur Produksi Jakpreneur di Klender

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta meluncurkan Dapur Produksi Jakpreneur di Small Processing Unit (SPU) TC Pertanian Klender, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (30/6).

Kita berharap di tiap wilayah itu juga disediakan dapur-dapur produksi 

Dapur Produksi Jakpreneur diluncurkan untuk menjawab permasalahan yang kerap dialami Jakpreneur binaan Dinas KPKP dalam hal keterbatasan dan kelaikan dapur produksi.

Salah satu persyaratan untuk memperoleh izin edar terkait olahan pangan yang dijual harus memiliki dapur terpisah dengan dapur rumah tangga.

Dinas KPKP Beri Pelatihan Urban Farming Bagi Warga Kampung Bayam

Maka itu, Dapur Produksi Jakpreneur ini dapat membantu anggota Jakpreneur yang dapurnya masih belum terpisah dengan dapur rumah tangga.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, berbagai macam olahan dikembangan dalam lingkup UMKM. Saat ini terdapat beberapa isu terkait industri olahan tingkat rumah tangga, salah satunya kebersihan.

Menurutnya, fasilitas produksi yang belum memadai merupakan salah satu kendala yang serius bagi dunia pangan. Begitu pula dengan sanitasi yang kurang baik, bisa menyebabkan penyediaan produk pangan secara higenis sulit dilakukan.

Maka itu, Dapur Produksi Jakpreneur ini diluncurkan untuk mendorong UMKM binaan dalam proses produksi olahannya agar sesuai prosedur pengolahan yang baik dan higenis.

“Dengan begitu, produk pangan yang dihasilkan terjamin keamanannya, makin meningkat nilai materi, daya saingnya, serta memenuhi standar mutu nasional dan ekspor," ungkap Eli.

Ia menjelaskan,  tujuan disediakannya Dapur Produksi Jakpreneur juga untuk

mendorong anggota Jakpreneur dalam melakukan kegiatan usahanya, sehingga meningkatkan pendapatan. Termasuk mendorong anggota Jakpreneur untuk melakukan pemasaran secara lebih masif.

“Kita berharap di tiap wilayah itu juga disediakan dapur-dapur produksi yang bisa dipakai bersama. Contohnya di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kembangan, Agro Edukasi Wisata atau AEW Ragunan, BPP Cibubur dan Ujung Menteng, BPP Sukapura,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati menambahkan, Jakpreneur bisa memanfaatkan dapur produksi yang ada di Klender ini dengan cara mengajukan permohonan ke jajarannya.

Tujuannya, supaya Dinas KPKP DKI Jakarta bisa mengatur jadwal penggunaan dapur produksi dan menyiapkan sarana prasarana yang diperlukan sesuai dengan produk olahannya.

“Sehingga peralatan maupun sarana yang ada di sini bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan dan bisa dijaga bersama-samamasyarakat yang ingin memanfaatkan ini,” ucap Mujiati.

Mujiati menambahkan, Dapur Produksi Jakpreneur ini bukan hanya untuk pengolahan, tapi dapat dimanfaatkan untuk proses pengemasan. Adapun kapasitas penggunaan dapur produksi ini sebanyak 30 orang.

“Misalnya, ada anggota Jakpreneur yang mendapat pesanan dalam skala besar yang mungkin tidak bisa dilakukan di dapurnya sendiri boleh melakukannya di sini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4163 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3493 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3349 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3324 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3290 personAnita Karyati