You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PKL Akan Dimasukkan dalam Program Smart City
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

PKL Akan Dimasukkan dalam Program Smart City

Upaya menata pedagang kaki lima (PKL) terus dilakukan Pemprov DKI. Bahkan, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) diminta bekerja maksimal dalam melakukan penataan PKL. Pemetaan dilakukan agar PKL bisa dimasukkan dalam program Smart City.

Instruksinya PKL yang berserakan di mana-mana ini agar ditata dan berkoordinasi dengan walikota dengan lurah dan camat supaya tertib

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan, rapat pimpinan (rapim) hari ini salah satu yang menjadi pembahasan adalah mengenai PKL.

"Masalah PKL tadi kadisnya ditegur keras oleh Pak Gubernur, jadi harus bekerja lebih keras lagi," kata Saefullah, di Balaikota DKI Jakarta, Senin (11/5).

Cegah PKL Liar, Pintu Masuk Monas Dijaga

Menurut Saefullah, Dinas KUMKMP diberi waktu selama dua pekan untuk bisa memetakan PKL. Karena nantinya PKL tersebut akan dimasukan dalam program Smart City.

"Misalnya di Jalan Sabang ada kuliner apa saja. Misalnya ada nasi goreng kambing, itu nanti masuk di Smart City dan di lokbin (lokasi binaan) lain apa unggulannya," ujarnya.

Dinas KUMKMP juga diminta untuk berkoordinasi dengan masing-masing walikota, camat, dan lurah. Selain itu, PKL akan langsung ditempatkan di lokbin yang telah tersedia. "Instruksinya PKL yang berserakan di mana-mana ini agar ditata dan berkoordinasi dengan walikota dengan lurah dan camat supaya tertib," ucapnya.

Ia menambahkan, penataan PKL di kawasan Monas, dengan nama program Lenggang Jakarta akan menjadi percontohan bagi wilayah lainnya. Dia pun mengapresiasi dengan penataan yang dilakukan di ikon ibu kota tersebut.

"Di Monas itu jadi inkubator. Nantinya jika sudah berjualan makanan maka tidak boleh berjualan minuman, jadi fokus di bidangnya masing-masing. Jadi beginilah kita harus berubah bukan hanya tempatnya, tapi juga manusianya," kata mantan Walikota Jakarta Pusat itu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye4573 personTP Moan Simanjuntak
  2. Pj Gubernur Buka Secara Resmi Pameran Flona 2024

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1962 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Petugas Gabungan Tangani Longsor Tebing Tol di Jalan Mulia Bhakti

    access_time06-07-2024 remove_red_eye1643 personTiyo Surya Sakti
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1234 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye977 personTiyo Surya Sakti