You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Disdukcapil DKI Akan Gelar Pendataan Warga Penghuni Apartemen
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Dukcapil Segera Gelar Pendataan Penghuni Apartemen

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta akan menggelar pendataan terhadap warga penghuni rumah susun sederhana milik (rusunami) atau apartemen subsidi di ibu kota. Pendataan dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang menghuni unit di apartemen tersebut.

Kita siap masuk untuk mendata para penghuni apartemen bersubsidi. Memang, akan ada resiko perlawanan, tapi kami punya kewenangan yang diatur dalam undang-undang

"Kita siap masuk untuk mendata para penghuni apartemen bersubsidi. Memang, akan ada resiko perlawanan, tapi kami punya kewenangan yang diatur dalam undang-undang," kata Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi di Balaikota, Kamis (21/5).

Juli, BPS Gelar Program Pendataan Perlindungan Sosial

Ia mengatakan, pendataan bukan untuk mengganggu ruang pribadi penghuni apartemen. Namun, untuk menghindari masuknya kasus narkoba, imigran gelap, prostitusi atau masalah lainnya ke dalam apartemen.

"Ya, penghuni apartemen menolak didata dengan alasan mengganggu privacy. Ya, kami hargai dan hormati. Itu kalau di rumah masing-masing. Tapi ketika masuk mendata siapa yang ada di unit itu. Itu tanggung jawab aparat Pemda bukan privacy," ujarnya.

‎Edison menegaskan, pemilik apartemen atau rusun bersubsidi ini harus bertanggung jawab kepada penghuni di setiap unit. Karena itu, penghuni apartemen juga harus mematuhi aturan yang berlaku.

"Pendataan dan pembentukan Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) akan dilaksanakan bekerja sama dengan dinas terkait di antaranya Dinas Perumahan, Satpol PP dan aparat keamanan," tegasnya.

Sekadar diketahui Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat, telah menginstruksikan dinas terkait untuk segera melakukan pendataan terhadap para penghuni apartemen atau rumah susun sederhana milik (rusunami) di ibu kota.

Instruksi tersebut dikeluarkan Djarot setelah ditemukannya praktik prostitusi online di kawasan Rusunami Kalibata City oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya pada Jumat (24/4) malam lalu. Menurut Djarot, pendataan akan dilakukan merata kepada seluruh penghuni apartemen atau rusunami yang berada di ibu kota tanpa terkecuali.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1255 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1235 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1182 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1067 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye800 personBudhi Firmansyah Surapati