You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PKK Jakarta Utara Siap Sukseskan Gerakan Sejuta Tanaman Sehat
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

PKK Jakarta Utara Siap Sukseskan Gerakan Sejuta Tanaman Sehat

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Utara mendukung dan siap menyukseskan kegiatan pengembangan Aku Hatinya PKK melalui gerakan sejuta tanaman yang sehat layak ekonomi sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan keluarga.

baik itu sayuran ataupun buah-buahan bisa diolah untuk menambah nilai ekonomis bagi keluarga

Bercocok tanam memanfaatkan lahan terbatas juga merupakan sumber pangan bergizi bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

Plt Asisten Pemerintahan Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman mengatakan, awalnya Aku Hatinya PKK sebagai kegiatan meningkatkan penghijauan lingkungan. Namun, seiring waktu, Aku Hatinya PKK ternyata memiliki nilai lebih yang diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan keluarga.

TP PKK Jakut Tanam Pohon di Areal JIS

"Saat panen nanti, baik itu sayuran ataupun buah-buahan bisa diolah untuk menambah nilai ekonomis bagi keluarga. Begitu juga dengan pemanfaatan kolam gizi," ujarnya, Rabu (31/8).

Ke depan, Wawan berharap seluruh masyarakat Jakarta Utara dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami beragam jenis tanaman produktif. Ia juga menekankan, menanam tidak harus menggunakan lahan yang luas.

"Kita bisa kreasikan pemanfaatan lahan terbatas dengan sistem tanam hidroponik ataupun penggunaan barang-barang bekas untuk difungsikan sebagai pot tanaman dan lainnya," katanya.

Ketua III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga, TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Erna mengatakan, aksi penanaman serentak yang digagas TP PKK Provinsi DKI Jakarta memberikan motivasi bagi jajaran TP PKK se-Jakarta Utara untuk melakukan hal serupa.

"Kita laksanakan panen serentak di Kelurahan Ancol. Tadi kita sudah menanam jeruk nipis, jeruk purut, terung, cabai dan kacang panjang," ucapnya.

Erna berharap, gerakan sejuta tanaman sehat layak ekonomi dapat menumbuhkan kesadaran warga untuk meningkatkan gizi keluarga, sekaligus untuk mencegah stunting.

 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Camat -Lurah di Jakpus Distribusikan Surat Imbauan Pembayaran PKB

    access_time29-09-2022 remove_red_eye1760 personFolmer
  2. Tim Rescue Gulkarmat Jakbar Bantu Lepaskan Borgol

    access_time29-09-2022 remove_red_eye1755 personWuri Setyaningsih
  3. Peluncuran Buku Dandang Betawi, Pemprov DKI Dukung Upaya Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda Berupa Resep Kuliner Langka Khas Betawi

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1555 personAnita Karyati
  4. Gabung Jakpreneur, Kopi Rumah Teman Raup Keuntungan

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1472 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Baca Jakarta Triwulan III Tahun 2022 Diikuti 117.219 Peserta

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1241 personAldi Geri Lumban Tobing