You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Ramaikan Festival Saka
....
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Ramaikan Festival Saka di Gelanggang Soemantri

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta ikut berkontribusi dalam rangka mendukung pelaksanaan Festival Saka yang digelar di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan pada 10-11 September 2022.

Diharapkan melalui kegiatan ini lahir para pegiat atau anggota masyarakat yang tertarik dan berminat mengikuti krida-krida

Pada kegiatan tersebut, Dinas KPKP DKI Jakarta membuka booth sebagai sarana edukasi dan penyampaian informasi bagi seluruh anggota Pramuka Kwarda DKI Jakarta yang mengikuti Festival Saka.

Booth tersebut diisi masing-masing Krida yang ada pada Saka Taruna Bumi yakni Krida Tanaman Pangan, Krida Peternakan, Krida Perikanan, Krida Tanaman Hortikultura dan Krida Perkebunan.

Dinas KPKP Buka Booth di Jamnas Pramuka XI

Materi yang diberikan di antaranya, pengenalan hewan kesayangan (kelinci), mengenal perikanan dan biota air melalui simulasi dan games, budidaya melalui kultur jaringan dan B2SA.

Hari ini, Saka Taruna Bumi ikut partisipasi dengan menampilkan talkshow krida hortikultura dengan materi budidaya alpukat Cipedak dan penampilan Saka dengan gerak tari dan lagu SMKN 63 bersama perwalikan Dinas KPKP DKI Jakarta.

Saka Taruna Bumi juga akan menampilkan krida peternakan dengan materi lebah trigona pada Minggu (11/9). Materi lain yang akan disampaikan antara lain merangkai bunga, pengenalan singkat budidaya hidroponik serta olahan kopi.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, penyampaian materi disesuaikan masing-masing krida dengan melibatkan bidang-bidang di Dinas KPKP DKI Jakarta. Termasuk Suku Dinas maupun UPT serta didukung stakeholder dan para Pamong Saka Taruna Bumi di Jakarta.

“Diharapkan melalui kegiatan ini lahir para pegiat atau anggota masyarakat yang tertarik dan berminat mengikuti krida-krida yang ada di Saka Taruna Bumi DKI Jakarta,” ungkap Eli, Sabtu (10/9).

Sub Koordinator Urusan Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto mengatakan, melalui kegiatan ini peserta bisa mempraktikkan materi yang telah didapat, baik itu di wilayah dan sekolahnya masing-masing setelah mengikuti Festival Saka ini.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini anggota Pramuka bisa mengikuti program-program di Dinas KPKP DKI sekaligus menyebarluaskan kegiatan, baik itu yang ada di Saka Taruna Bumi maupun di Dinas KPKP DKI Jakarta,” urai Taufik.

Sekretaris Kwarda DKI Jakarta, Triadi Suparta mengapresiasi kolaborasi Kwarda DKI Jakarta dengan Pemprov DKI Jakarta dalam rangka memperkaya pengetahuan serta keterampilan anggota Pramuka.

Triadi berharap Pramuka Jakarta memiliki pemahaman Urban Scouting Pramuka dengan setting perkotaan, berkarakter kebangsaan kuat, mandiri dan peduli dengan masyarakat di sekitarnya.

“Ada 11 Saka yang secara terus menerus berkolaborasi dengan kita semua untuk meningkatkan keterampilan adik-adik Pramuka,” tandasnya.

Perlu diketahui, Festival Saka digelar dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61 tingkat Kwarda DKI Jakarta.

Kegiatan perdana ini memamerkan 11 Satuan Karya yang terdiri dari Saka Taruna Bumi, Saka Kalpataru, Saka Wira Kartika, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kencana, Saka Dirgantara, Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Bahari, Saka Widya Budaya Bakti.

Kegiatan yang terbuka untuk umum dan gratis ini juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8343 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3419 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3207 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3147 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3136 personAldi Geri Lumban Tobing