You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Ingin Pembinaan Wisata Pesisir Berkelanjutan
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Ahok Minta Potensi Wisata Pesisir Dioptimalkan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta kegiatan Festival Wisata Pesisir yang tahun ini digelar di Rumah Si Pitung, Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, tidak sekadar seremonial belaka.

Jangan menghabiskan uang Pemda seperti ini, festival dua hari tapi tidak ada kelanjutannya

Ahok berharap potensi 12 jalur destinasi wisata di wilayah itu ditata dan dibina secara berkelanjutan. Dengan begitu, hasilnya pun bisa meningkatkan jumlah wisatawan secara optimal.

"Saya menyambut baik acara ini, tapi kita harus menset ulang. Jangan menghabiskan uang Pemda seperti ini. Festival dua hari tapi tidak ada kelanjutannya," tegas Ahok, Sabtu (13/6).

Pariwisata di Jakbar Sumbang PAD Rp 500 Miliar

Menurutnya, penyelenggaraan event yang hanya bersifat seremonial, dampaknya akan minim terhadap pengembangan ekonomi dan wisata. Apalagi, dalam destinasi wisata tersebut terdapat Rumah Si Pitung, Masjid Al-Alam dan Pantai publik yang merupakan lokasi wisata potensial bila dilakukan penataan serta pembinaan berkelanjutan.

Ahok juga meminta camat dan lurah menginventarisir lahan tepi pantai yang bisa dibeli untuk dijadikan pantai serta lokasi Usaha Kecil Menengah (UKM). Nantinya, lokasi itu akan diisi oleh pedagang makanan dan usaha kreatif.

Sedangkan untuk masyarakat sekitar, akan dibekali keahlian untuk mengembangkan usaha makanan serta industri kreatif. Nantinya, setiap akhir pekan akan ada event yang digelar untuk menarik pengunjung. Itu semua tidak perlu menggunakan anggaran besar, karena dengan memberdayakan warga, kata Ahok, dinilai sudah cukup untuk membuat event sederhana yang menarik.

"Harus bekerja sama mengembangkan potensi yang ada. Ini tempat yang bagus, kalau kita kelola dengan baik apapun bisa," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1177 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1105 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1098 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye905 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye904 personNurito