You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Ketua DPRD DKI Tinjau Program Penanggulangan Banjir di Pejaten Barat
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Ketua DPRD Cek Program Penanggulangan Banjir dan Ketahanan Pangan di Pejaten Barat

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengunjungi kawasan langganan banjir di Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selain memastikan program penanggulangan banjir berjalan baik, dirinya juga meninjau program ketahanan pangan di kelurahan tersebut.

Kita melihat langsung di tahun ini, satu per satu dibereskan

Kunjungan Ketua DPRD DKI Jakarta dilakukan untuk memantau langsung kondisi di lapangan lantaran pada tahun 2022, Kelurahan Pejaten Barat menjadi salah satu daerah yang terdampak banjir parah di Jakarta.

“Kita melihat langsung di tahun ini, satu per satu dibereskan. Alhamdulillah sampai hari ini, di Pejaten Barat tidak banjir. Memang program penanggulangan banjir harus jalan,” ujar Prasetio Edi Marsudi, Kamis (2/3).

Ketua DPRD Pastikan Tidak Masuk Kepanitiaan Formula E 2023

Ia juga mengajak masyarakat berperan serta mengatasi  banjir di Jakarta. Usulan dan aspirasi warga seputar penanganan banjir disampaikan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Warga juga dapat mengadukan masalah lingkungan yang dialami saat anggota DPRD DKI Jakarta menggelar reses.

“Jadi semua fungsi berjalan. Pemerintah melayani masyarakat dengan menyentuh persoalan yang terjadi. Jangan Musrenbang komponennya tiap tahun sama itu-itu saja, normatif,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Pras, sapaan akrabnya juga berkunjung ke kantor Kelurahan Pejaten Barat.

Dalam kunjungannya, Pras juga meninjau pemanfaatan lahan seluas 500 meter persegi di areal kantor Kelurahan Pejaten Barat yang ditata menjadi Taman Perubahan.

"Saya mengapresiasi terobosan yang dilakukan dengan memanfaatkan lahan di sekitar kantor kelurahan Pejaten Barat menjadi Taman Perubahan yang lebih bermanfaat," kata Pras di akun instagram pribadinya.

Ia memaparkan, lahan Taman Perubahan seluas 500 meter yang dahulu kumuh saat ini telah berubah dengan ditanami berbagai tanaman serta dilengkapi kolam pembibitan benih ikan dan mini zoo.

"Taman Perubahan untuk menciptakan ketahanan pangan bagi  warga sekitar dengan menanam tanaman produktif di antaranya pakcoy, labu, kangkung, hingga tanaman obat dan kolam ikan. Serta mini zoo sebagai sarana edukasi anak-anak," paparnya.

Untuk itu, Pras berpesan agar tidak sekadar membuat Taman Perubahan, namun juga rutin dirawat. Ia juga meminta aparatur di kelurahan  melayani dengan baik, totalitas, profesional, responsif, gercep, dengan penuh tanggung jawab.

"Jangan sekali-kali untuk mempersulit, memperlambat. Berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan cepat dan tepat," pintanya.

Sementara, Lurah Pejaten Barat, Asep Ahmad Umur menambahkan, Taman Perubahan rampung dibuat pada Desember 2022 sesuai arahan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam rangka penataan kawasan.

Lahan taman berada persis di samping kelurahan dan tercatat sebagai aset Pemprov DKI yang ditanami sejumlah tanaman sayur mayur.

"Taman juga memiliki fasilitas mini zoo yang memelihara sejumlah hewan di antaranya, bajing terbang, iguana, ular, kelinci, kura kura dan beraneka burung untuk sarana rekreasi anak saat orang tua mengurus berbagai dokumen di kantor kelurahan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4439 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3808 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3625 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3610 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3564 personAnita Karyati