You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
penyitas kebakaran
....
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Perkembangan Penanganan Bencana Kebakaran di Depo Pertamina Plumpang Hingga Kamis (9 Maret 2023) Pukul 12.00 WIB

Pemprov DKI Jakarta masih terus berupaya melakukan penanganan terbaik bagi korban dan pengungsi bencana kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, yang terjadi pada Jumat (3 Maret 2023) malam. Termasuk memastikan kondisi korban dan pengungsi mendapatkan kebutuhan dasarnya, seperti makanan dan pakaian melalui bantuan yang diberikan.

Bantuan ini akan terus diupayakan

“Bantuan yang disalurkan ini terdiri dari makanan, pakaian, dan obat-obatan. Bantuan ini akan terus diupayakan untuk disalurkan secara optimal dan kontinyu. Hal ini adalah upaya kami untuk memastikan kondisi korban dan pengungsi dapat memenuhi kebutuhan dasarnya,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji, dalam Siaran Pers PPID Pemprov DKI Jakarta, Kamis (9/3).

PMI Jakut akan Intensifkan Edukasi Kebencanaan

Data Pengungsian

Sementara itu, menurut data BPBD DKI hingga pukul 12.00 WIB, termasuk tambahan posko pengungsian yang dekat lokasi rumah penduduk, tercatat jumlah pengungsi saat ini sebanyak 184 jiwa, rinciannya:

•Kantor PMI Jakarta Utara terdapat 79  jiwa;

•RPTRA Rasela berjumlah 25 jiwa; dan

•Posko Pengungsian RW.09 Kelurahan Rawa Badak Selatan berjumlah 80 jiwa.

Data Penanganan Korban

Adapun, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, hingga pukul 12.00 WIB, korban meninggal berjumlah 19 jiwa. Sedangkan untuk korban dirawat sebanyak 31 jiwa sedang dalam penanganan tim medis di 6 rumah sakit.

Data Pelayanan Kependudukan

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta di Plumpang, Posko PMI Jakarta Utara dan RPTRA Rasela telah melayani 377 layanan, di antaranya layanan cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), cetak Kartu Keluarga (KK), pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD), permohonan akta lahir, dan konsultasi.

Data Bantuan BPBD

BPBD DKI Jakarta telah mengirimkan 50 personil dan mendirikan 2 tenda pengungsi yang bertempat di RPTRA Rasela dan Wali Kota Jakarta Utara. BPBD juga telah mendistribusikan bantuan berupa air mineral, sarung, selimut, mukena, terpal, matras, family kit, kidsware, sandang, kantong jenazah, sabun batangan, wipol, hand sanitizer, masker, kipas angin, alas tenda dan megaphone.

Data Bantuan BNPB

Bantuan yang sudah diberikan oleh BNPB berupa Tenda Pengungsi, Tenda Keluarga, Paket Sembako, Selimut dan Matras.

Data Bantuan Dinas Sosial

Selanjutnya, telah diserahkan pula bantuan dari Dinas Sosial DKI Jakarta untuk penyintas kebakaran di Kelurahan Rawa Badak Selatan berupa Pangan (beras, mie instan, ikan kaleng dan kecap); Sandang (kaos, daster, pakaian dalam pria & wanita, selimut dan handuk); Lainnya berupa matras, terpal, air mineral, pempers dewasa, makanan siap saji dan biskuit.

Data Dukungan Pelayanan Kesehatan

Dukungan kesehatan yang diberikan, yakni:

•Pelayanan kesehatan di dua posko pelayanan (RPTRA Rasela dan PMI) yang siaga 24 jam;

•3 unit ambulans AGD per shift;

•sistem rujukan ke RS yang sudah ditunjuk yakni: RSUD, RS BUMN, RSCM, RS POLRI, dan RS Swasta;

•pendataan pengungsi untuk penyakit menular dan tidak menular sebagai bentuk pengendalian penyakit;

•pengecekan limbah/sanitasi lingkungan;

•pengecekan ketersediaan air bersih dan air minum;

•pemantauan sampah;

•pemeriksaan sampel makanan;

•Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita dan ibu hamil;

•pemantau menu di dapur umum dan higiene sanitasi;

•pemeriksaan ibu hamil, dan menyiapkan lokasi pengungsian khusus ibu hamil;

•paket obat dan pendampingan trauma healing untuk anak-anak; dan

•posko pemberian makanan di RW.01 Kelurahan Rawa Badak Selatan.

Pemprov DKI Jakarta terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam penanganan kebakaran ini, karena melindung warga dan memastikan keselamatan warga adalah hal yang paling utama.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1436 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Tetapkan UMSP 2025, Ini Rinciannya

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1347 personFolmer
  3. Operasi Modifikasi Cuaca Efektif Kurangi Curah Hujan di DKI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1267 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1208 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Penghargaan Indeks Reformasi Hukum dari Kementerian Hukum RI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1110 personFolmer