You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kelompok Tani IKN Diperkenalkan Urban Farming di AEW Ragunan
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Kelompok Tani IKN Diperkenalkan Urban Farming di AEW Ragunan

Sebanyak perwakilan lima kelompok tani dari lima desa Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN),  Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan studi banding ke Agro Edu Wisata Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (30/5).

Banyak hal yang bisa dipetik dan diterapkan di kampung IKN nanti.

Rombongan yang berjumlah 18 orang disambut Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan, Hasudungan Sidabalok dan jajarannya.  

Yuk, Bersantai Sambil Belajar Bercocoktanam di AEW Ragunan

Di lahan seluas kurang lebih 2,2 hektare ini, mereka diperkenalkan tentang konsep urban farming. Seperti teknik budidaya jamur kuping, jamur tiram, maggot, tanaman obat keluarga, tanaman hidroponik dan sebagainya.

Menurut Hasudungan, mereka yang hadir merupakan perwakilan dari para petani di IKN. Kehadiran mereka  didampingi Plt Deputi Ketahanan Pangan dan akademisi NGO yang peduli dengan urban farming.

"Mereka datang untuk studi banding. Bagaimana konsep urban farming di Agro Edu Wisata Ragunan  (AEW) yang bisa ditiru atau dicontoh di IKN nanti," ujar Hasudungan.

Selain soal urban farming, jelas Hasudungan, pihaknya juga memperkenalkan budidaya perikanan dengan teknologi biofik yang dinilai cocok dengan kondisi air di IKN yang asam.

"Kita juga perkenalkan budidaya maggot yang sangat baik untuk pakan ikan dan ayam," tuturnya.  

Selain itu, diperkenalkan juga budidaya ayam petelur, ayam buras, sapi perah yang menghasilkan susu, serta smart green house yaitu konsep pertanian dengan teknologi canggih.

"AEW Ragunan ini konsepnya bukan untuk produksi, tapi sarana pembelajaran edukasi wisata pertanian perkotaan," sebut Hasudungan.

Misno Prasetyo, perwakilan dari Kelompok Tani Bumi Harapan,  mengaku sangat senang bisa berkunjung ke AEW Ragunan karena banyak ilmu yang diserap dan bisa diterapkan di IKN, khususnya terkait pertanian perkotaan.

"Banyak hal yang bisa dipetik dan diterapkan di kampung IKN nanti. Misalnya soal tanaman organik mulai dari kompos medianya. Kemudian  cara budidayanya mudah dan unik," ujar Misno.

Menurutnya, adanya dasar pengetahuan untuk melakukan budidaya tentunya sangat membantu untuk melakukan bercocok tanam.

Sekadar diketahui mereka yang berkunjung ke AEW Ragunan ini merupakan perwakilan dari  lima kelompok tani dari lima desa. Yakni Kelurahan Pemaluan, Desa Bumi Harapan, Sukomulyo, Binuang, Sukaraja. Kemudian ada dari Otorita IKN dan tim penyusun pedoman pertanian perkotaan  IKN.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3480 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3072 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2467 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2460 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2384 personFolmer