You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas SDA Gelar Sosialisasi Program JSDP Zona 1
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Dinas SDA Sosialisasikan Program JSDP Zona 1

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menggelar sosialisasi pelaksanaan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona 1 Paket V dan VI di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Selasa (11/7).

Kami berharap warga di sekitar yang terkena dampak dari adanya proyek ini memahami dan mendukung

Pembangunan Sewerage System atau sistem perpipaan air limbah beserta instalasi pengelolaan  di Jakarta zona 1 dibagi menjadi enam paket. Pengerjaan dua di antaranya dibiayai APBD DKI, sedangkan paket I hingga IV ditangani oleh Kementerian PUPR.

Kepala Bidang Pengelolaan Air Limbah Dinas SDA DKI Jakarta, Nelson mengatakan, pelaksanaan program JSDP Zona 1 paket V dan VI dibiayai menggunakan alokasi APBD DKI tahun 2023 hingga 2026 dengan jangka waktu pengerjaan selama 1.460 hari.

Pj Gubernur Heru Dukung Percepatan Pembangunan Jaringan Pipa Air Limbah

Pembangunan pipa air limbah paket V sepanjang 18,6 kilometer melintasi sejumlah ruas jalan di sembilan kelurahan, Jakarta Pusat dan tiga kelurahan di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

“Sementara pemasangan pipa air limbah paket VI sepanjang13,8 kilometer yang melintasi sejumlah ruas jalan di tiga kelurahan, Jakarta Utara dan empat kelurahan di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat," ujar Nelson.

Ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membangun sistem perpipaan air limbah disebabkan kondisi pencemaran limbah domestik yang semakin massif sehingga menurun kadar kesehatan dan kenyamanan lingkungan.

"Pengelolaan air limbah di area JSDP zona 1 bertujuan mengurangi dampak buruk dari limbah domestik menjadi air yang ramah terhadap lingkungan sehingga dapat meningkatkan lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar," jelasnya.

Ia memaparkan, pihaknya mengundang perwakilan berbagai pihak terkait dalam kegiatan sosialisasi JSDP zona 1 di antaranya  Dirlantas Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan, Transjakarta, lurah, dan sebagainya agar saat dimulainya proyek pemasangan pipa air limbah dapat membantu kelancaran pengerjaan di lapangan.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi termasuk kepada warga di sekitar ruas jalan yang akan terkena dampak saat proyek pemasangan pipa air limbah dimulai," paparnya.

Ia menambahkan, pihaknya optimistis proyek pemasangan pipa air limbah dan instalasi pengelolaan akan memperbaiki kondisi lingkungan hidup di Jakarta.

"Namun, pengerjaan pemasangan pipa air limbah membutuhkan waktu yang lama. Kami berharap warga di sekitar yang terkena dampak dari adanya proyek ini memahami dan mendukung," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1649 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pencairan Bansos PKD DKI 2024 Tahap Ketiga Rampung

    access_time20-09-2024 remove_red_eye1331 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1287 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1156 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye947 personFolmer